BeritaLombok Timur

Lombok Timur Berbagi di Peringatan Hari Disabilitas Internasional

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Hari disabilitas internasional di peringati setiap tanggal 3 Desember, di Kabupaten Lombok Timur peringatan hari disabilitas internasional juga dirangkai pula dengan kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan, sejak 25 Nopember – 10 Desember 2023. Berlangsung di Car free day (CFD) Taman Rinjani Selong, Minggu (3/12).

Turut hadir pada giat tersebut Pj Bupati Lotim, Pj Sekda Lotim, Porkopimda, Yakkum, Lombok Independent Disabilitas Indonesia (LIDI) Foundation, LPSDM NTB, House of hope, sejumlah lembaga BUMD dan swasta serta penyandang para disabilitas.

Penjabat Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, dalam sambutannya mengaku bahagia atas terselenggaranya kegiatan ini, dan berkat kerjasama semua pihak baik Pemda Lotim, para disabilitas, lembaga pemerhati perempuan dan anak, kegiatan itu berjalan lancar meski hujan melanda di waktu berlangsungnya kegiatan tersebut. Ia juga berharap kegiatan seperti dapat terus dilakukan seterusnya di tahun-tahun mendatang.

Juaini juga menyebut kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya meningkatkan aksesibilitas para penyandang psikososial sebagai perwujudan kota ramah disabilitas. “Lombok Timur sudah semakin ramah dengan disabilitas, kita sudah semakin memberikan akses tinggal persoalannya bagaimana upaya upaya kolektif bersama ini terus kita tingkatkan,” Katanya.

Disebut pula, berdasarkan data dari Dinas Sosial, sebanyak seribu lebih warga Lotim alami disabilitas dimana jumlah penduduk Lotim sendiri hampir mendekati 1.400 jiwa. Kendati persoalan disabilitas ini sendiri bukan pada keberadaannya, tetapi seberapa ramah kita akan akses yang diberikan. “Seperti hari ini kita bisa bersama-sama karena negara sudah menjamin tidak membeda-bedakan hak antar warga negaranya,” ujarnya.

Selain itu, maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Lotim, Juaini berpesan agar jangan malu melaporkan kasus tersebut. “Berani melapor juga sesuatu yang luar biasa,” tegasnya.

Baca Juga :  Siap Dilantik, Formatur Pengcab JMSI Prabumulih Diterima Walikota

Pada kesempatan itu juga diserahkan satu buah kursi roda, 20 kruk disabilitas, dan 20 tongkat lansia. Serta perekaman e-KTP untuk para disabilitas.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *