BeritaPendidikan

IAIH NWDI Pancor Launching dan Lantik Sejumlah Pengurus Pusat Studi dan 9 UKM

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Sejumlah mahasiswa terpilih Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NWDI Pancor di lantik menjadi pengurus anggota Pusat Studi sekaligus di launchingnya 9 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru, berlangsung di aula kampus IAIH Pancor, Sabtu (6/1).

Wakil rektor III IAIH Pancor, Ustadz Dr. Hayyi Akrom, menyampaikan bahwa dibuatnya pusat studi dan UKM tersebut adalah dalam rangka untuk menjadi wadah atau fasilitas bagi pengembangan dan penyaringan bakat, minat ataupun hobi mahasiswanya.

”Dengan adanya pusat studi dan UKM-UKM yang kami launching hari ini mampu mengangkat dan memberikan fasilitas bagi adik-adik mahasiswa agar membantu bakat dan minat mereka menjadi kemampuan nyata dalam diri mereka,” Ucap Hayyi saat dikonfirmasi media ini usai pelantikan tersebut.

Meski kampus IAIH Pancor dilatar belakangi oleh basic agama, salah satu UKM yang di launching pada kegiatan tersebut adalah Pusat Studi Lingkungan

Melihat problem lingkungan kata dia, tak hanya menjadi isu internasional saja, melainkan sangat dekat dengan lingkungan sekitar kita. ”kita ingin adik-adik mahasiswa itu memiliki kepekaan terhadap problem lingkungan di sekitar kita,” katanya.

Disebutnya, perubahan cuaca juga menjadi bagian dari konteks dampak kerusakan lingkungan. Sehingga kegiatan yang akan dilakukan Pusat Studi mahasiswa tersebut diantaranya yakni, gerakan lingkungan seperti penghijauan, edukasi terhadap pentingnya lingkungan dan kegiatan lainnya.

”lingkungan ini tidak hanya menjadi tanggungjawab kelompok pengkaji lingkungan, tapi kebutuhan kita semua maka perlu berpartisipasi sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, kampus IAIH Pancor juga ingin menggenjot jumlah pelaku wirausaha atau entrepreneur muda di daerah. “Menurut berbagai kajian, keberadaan entrepreneur kita masih di bawah standar. Kami harap dengan UKM ini muncul jiwa-jiwa wirausahawan dari mahasiswa kami,” harapnya.

Baca Juga :  Peringati HUT RI Ke-76 Kantor UPP Kelas II Pelabuhan Pemenang bersama JMSI NTB Lepas Ratusan Tukik

Lanjut kata Hayyi, pusat studi dan UKM yang di launching hari ini jumlahnya ada 9, sebelumnya sudah di launching 2 sehingga jumlah pusat studi dan UKM di IAIH Pancor itu 11.

Berikut Pusat Studi dan UKM yang di launching kampus IAIH Pancor, diantaranya;

1. Pusat Studi dan Gerakan Lingkungan Mahasiswa IAIH Pancor.

2. UKM Hamilul Qur’an.

3. UKM Bahasa Asing.

4. UKM Kajian dan Riset.

5. UKM Olahraga dan Kesehatan.

6. UKM Seni & Budaya.

7. UKM Kepemimpinan dan Pengembangan Diri.

8. UKM Entrepreneurship.

9. UKM Sinematografi.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *