BeritaPemilu

Hari Pertama Kampanye, Bawaslu Lotim: Belum Ada Parpol Yang Menyampaikan Jadwal Kampanye

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Memasuki hari pertama dimulainya kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) gelar apel siaga dalam rangka memastikan kesiapan pengawasan selama berlangsungnya kampanye hingga pemungutan suara. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Bawaslu Lotim, Selasa pagi (28/11).

Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Lotim, Kasmayadi mengatakan bahwa digelarnya apel siaga tersebut untuk mengabarkan kepada publik bahwasanya Bawaslu Lotim siap melakukan pengawasan.

“Hari ini kita apel siaga persiapan untuk mengabarkan pada publik bahwa Bawaslu Lotim siap melakukan pengawasan,” Ucap Kasmayadi kepada awak media.

Kasmayadi meminta kepada semua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) agar benar-benar memastikan semua pengawas menjaga kesehatan terlebih di musim hujan saat ini. Karena penyelenggaraan Pemilu merupakan momentum dan panggungnya Bawaslu, Kasmayadi juga meminta semua proses tahapan Pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan. “Karena apapun tindakan yang sifatnya pelanggaran maupun potensi pelanggaran itu ditentukan oleh Bawaslu,” Katanya.

Sehingga ia berpesan agar Para pengawas mempersiapkan diri dengan normatif dan tanggap mengenali metode kampanye dilakukan. “Pastikan dan persiapkan diri bapak ibu dengan normatif, kenali kapan, dimana, dan metode kampanye dilakukan,” lanjutnya.

Lebih jauh, ditegaskan meski sekecil apapun kejadian di lapangan, ia meminta agar Panwascam selalu dan harus mencatat dalam catatan harian pengawasan serta dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Selain itu, sebagai pengawas juga harus menjalin kolaborasi dan memastikan partisipasi masyarakat berjalan dengan baik.

“Kita ini pengawas Pemilu bukan pengamat Politik, jangan ber opini tetapi menjalankan pengawasan dengan memastikan turun kelapangan,” tegasnya.

Hari pertama pelaksanaan kampanye, Kasmayadi menuturkan belum ada dari Partai Politik (Parpol) yang menyampaikan jadwal kampanye. Namun ia menegaskan pihaknya akan terus berupaya menyampaikan kepada Pimpinan Parpol agar menyampaikan jadwal kampanye ke Bawaslu.

Baca Juga :  Kemendagri Apresiasi Pilkades Serentak di Lotim

“Hingga hari ini belum ada yang menyampaikan, tapi kita harap semua parpol yang akan melakukan kampanye untuk menyampaikan jadwal dan mengurus segala sesuatunya agar tidak menyalahi aturan,” Demikiannya.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *