Berita

APEL BESAR PERINGATAN HARI PRAMUKA KE 61 BERLANGSUNG KHIDMAT

-

LOMBOK TIMUR.Ditaswara com. Apel Besar Peringatan Hari Pramuka (PHP) ke 61 yang berlangsung di lapangan umum Pringgasela,Ahad (14/8) berjalan dengan khidmat.Bertindak sebagai Pembina  Upacara Kepala Dinas Sosial Lombok Timur H.Suroto yang mewakili Bupati Lombok Timur.Sebanyak 717 orang anggota Pramuka ikut hadir dalam apel sebagai rangkain dari puncak Perkemahan Peringatan Hari Pramuka ke 61 Kwartir Cabang Lombok Timur dan Raimuna Ranting Kwartir Ranting Pringgasela tahun 2022.
“Pada hari ini,14 Agustus 2022 kita semua menyatakan anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita,karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karena yang kita cintai genap berusia 61 tahun.Tahun ini pula juga 110 tahun keberadaan gerakan Kepanduan di bumi Indonesia yang ada tahun. 1912,dan kita patur syukur atas karunia tersebut,” kata Suroto dalam sambutannya membaca sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.


Lebih jauh di katakannya,tema utama peringatan Hari Pramuka ke 61 dan semua rangkaian kegiatan tingkat nasional di tahun 2022 yaitu “ Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa “. Tema ini sebagai sebuah tekad terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.Pengabdian yang terus dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka. Sejak dari usia Pramuka Siaga,adik-adik telah di didik untuk memberikan perhatian pada sesama,siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal ini sudah biasa dilakukan dengan cara-cara sederhana mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan masyarakat.
Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga,serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya. Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka di tekankan pentingnya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang antara lain di wujudkan dengan saling tolong menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku,agama,ras dan antargolongan.
“Saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19,gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal,diharapkan agar kegiatan ini terus dilakukan sehingga pandemi 19 segera melandai dan kita dapat lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan,”imbuhnya.

Baca Juga :  Pj.Kades Rempung Zulkifli S.IP.MM Laksnakan Sertijab Dengan Kades PAW Rempung Moh Sakirin.


Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke 61,juga di selenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) ke XI tahun 2022 di Buperta Cibubur yang di ikuti oleh seluruh kontingen dari Indonesia, di tambah dari gugusdepan yang berpangkalan di perwakilan RI di luar negeri.
Sementara itu sebagai bagian dari Apel Besar Peringatan Hari Jadi Pramuka ke 61 di lapangan umum Pringgasela ,diberikan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTB kepada beberapa orang yang selama ini di anggap aktip dikegiatan kepramukaan antara lain di berikan kepada Rusdi S.Kom Pancawarsa 1,H.Saiful Uddin S.Pd Pancawarsa II,Safrudin S.Pd Pancawarsa II, M.Nurul Wathan Akbar SH Pancawarsa II, Sukri S.AP Pancawarsa IV, Ahmad Syukran S.Pd.M.Pd Pancawarsa IV dan H.Moh.Zaenuddin M.Pd.M.Si Pancawarsa V.
Untuk Peringatan Hari Pramuka ke 61 Kwartir Cabang Lombok Timur dan Raimuna Ranting Kwartir Ranting Pringgasela tahun 2022 di laksanakan dari tanggal 12 sd 14 Agustus 2022 di lapangan umum Pringgasela dengan berbagai macam kegiatan antara lain,Perkemahan Pramuka Penggalang, Persami pembina se-Kwartir Cabang Lombok Timur, Raimuna Ranting Pramuka Penegak Pandega Kwartir Ranting Pringgasela, Renungan suci dan Ulang Janji Pramuka Dewasa dan Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 61 Tingkat Kwartir Cabang Lombok Timur. Peserta yang ikut antara lain untuk Perkemahan Hari Pramuka dari Penggalang SD/MI sebanyak 480 orang terdiri dari 232 putra dan 248 putri. Penggalang SMP/MTs sejumlah 176 orang yang terdiri 80 orang putra dan 96 orang putri. Raimuna Ranting Penegak SMA/SMK/MA sebanyak 104 orang terdiri dari 48 orang putra dan 56 orang putri.
Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 61 di hadiri oleh semua pengurus Kwartir Cabang Lombok Timur,Ketua Majlis Pembimbing Ranting Kecamatan Pringgasela Moh.Zulfan S.Pd, Ketua Kwartir Ranting Pringgasela dan Ketua Panitia Perkemahan Hari Pramuka ke 61 Kwartir Ranting Pringgasela serta dari Kepolisian Sektor Pringgasela .(ndk).

Baca Juga :  TOMAS REMPUNG SEPAKAT BENTUK BRUBES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *