Berita

Bangun Ekonomi Mandiri, KKN Upatma Gelar Pelatihan VCO Pada KWT

-

 

Lombok Utara.Ditaswara.com. Sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat di pasca Gempa dan Pandemi Covid-19, para peserta KKN Upatma menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Kembang Kerurak,Dusun Kerurak Desa Segara Katon Kecamatan Gangga (13/8).

Kades Segara Katon yang hadir langsung pada kegiatan ini menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Universitas 45 Mataram (Upatma) dalam meningkatkan kapasitas peningkatan UMKM di Dusun Kerurak melalui peserta KKN.

“Pemdes sendiri merasa terbantu dengan kehadiran para Mahasiswa KKN di Desa Segera Katon lebih khususnya para Mahasiswa Upatma,”tuturnya

Dimana para mahasiswa turun langsung untuk memberikan pembinaan masyarakat kita khususnya KWT yang ada di Dusun Kerurak.Masyarakat diajarkan dalam pembuatan VCO, Para mahasiswa KKN tidak hanya sekedar memberikan pelatihan tetapi kedepanya akan dibina hingga pendampingan pemasaran.

“Kami dari Pemdes berkomitmen menjalin kolaborasi untuk membantu masyarakat dalam percepatan pembangunan diwilayah desa kita ini,”ucapnya.

Kepala Desa juga meminta masyarakat diminta berperan aktif melaporkan setiap kendala yang dihadapi masyarakat kepada Pemdes guna mencari solusi bersama-sama.

Sementara itu Ketua KKN Kelompok VIII Masdianto menyampaikan Kegiatan KKN yang dilakukan oleh Upatma berlangsung selamanya 30 hari, Waktu yang singkat dimanfaatkan untuk berbagi ilmu dengan masyarakat khususnya di Desa Segara Katon.

“Fokus kami yaitu bagaimana membina KWT yang ada di Desa Segara Katon mengingat desa ini adalah desa yang baru sehingga membutuhkan pembinaan,”tuturnya.

Kegiatan pelatihan VCO sendiri yang di dilakukan pada KWT Putri Kembang Kererurak, karena dusun Kerurak memiliki potensi Kelapa yang besar.

“Kita berikan masyarakat pelatihan sampai benar-benar bisa mengolah menjadi VCO,”tutupnya.

Pelatihan sendiri berlangsung selama dua hari dengan narasumber Raden Sukawati.(den)

Baca Juga :  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *