Adv

Sajudin Terpilih Jadi Kades PAW Samba

-

Pilkades PAW  Samba Berjalan Kondusip

Lombok Utara.Ditaswara.com.
Pelaksanaannya, Pilkades PAW Desa Samba ini berhasil mengantarkan Sajudin sebagai Kades Terpilih mengalahkan rivalnya Asiah (H. Ropii). Kandidat dengan nomor 2 tersebut berhasil mengantongi dukungan 65 suara, mengungguli kandidat nomor urut 1 yang harus puas dengan memperoleh suara 34.

“Alhamdulillah kegiatan pilkades PAW Desa Samba berjalan aman, lancar, dan hasilnya bisa diterima semua pihak. Berjalan mulus tanpa adanya gugatan dari calon maupun pendukung yang kalah,” jelas ketua Panitia Sukiyadi.

Lebih jauh Sukiyadi mengatakan ,dalam proses pemilihan pihak panitia mengedepankan arahan dari Satgas Covid-19 KLU mengingat kondisi sekarang masih dalam suasana Pandemi.

Pemilihan berlangsung lancar dan kondusif, proses-proses tahapan bisa diikuti dengan baik sesuai Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu.

Menurutnya, panitia memberi apresiasi tinggi kepada peserta musdes karena keterwakilan unsur hadir 100 % menyalurkan hak suara. Pasalnya, panitia dan para pihak kompak menjaga keamanan di masing-masing dusun sehingga dapat berjalan lancar, kondusif, dan damai.

“Penetapan kepala Desa terpilih berdasarkan perolehan suara sah terbanyak. Insya allah akan kita laksanakan nanti pada hari Kamis, 23 Desember 2021,” imbuh Sukiyadi.

Sementara itu Ketua BPD Samba Madhan S.Pd mengatakan, Kegiatan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sambik Bangkol (Samba) Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU) berlangsung demokratis, aman dan tertib dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 270/5645/SJ.

“Di Lombok Utara baru Desa Samba yang melaksanakan Pilkades PAW. Tadi berlangsung secara demokratis, aman, tertib dan damai dengan mematuhi prokes,” kata Madhan

Pilkades PAW Desa Samba digelar karena kekosongan jabatan sejak Kepala Desa definitif berhalangan tetap karena meninggal dunia.

Baca Juga :  Ringkasan APBD PROV.NTB 2022 bag.2

Diterangkan Madhan, proses Pilkades PAW berbeda dengan Pilkades reguler. Pasalnya, pemilih yang berhak memberikan suara bukan seluruh warga melainkan unsur keterwakilan. Sementara persyaratan calon kades yang akan mengikuti kontestasi sama dengan pilkades pada umumnya.

Pelaksanaan demokrasi di Pilkades PAW ini, tuturnya, berlangsung berkat adanya dukungan dan dorongan aspirasi masyarakat desa setempat.

“Proses pelaksanaannya terlihat terbuka, transparan, demokratis dan bisa dipertanggungjawabkan. Banyak warga hadir menyaksikan. Mereka cukup antusias,” tutup Ketua BPD Samba dua periode itu.

Terpisah, Penjabat Kepala Desa Samba, Sarjono, S.I.Kom menuturkan Pilkades sistem PAW ini merupakan hal yang baru karena baru dilaksanakan setelah disahkannya UU nomor 6 tahun 2014 serta diperjelas dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 pada pasal 45.

Di wilayah KLU, Pilkades PAW diterapkan pertama kalinya di Desa Samba. Sedangkan tiga belas desa lainnya di Lombok Utara, melaksanakan Pilkades reguler serentak. Keberhasilan kegiatan Pilkades PAW itu menunjukkan prinsipnya kesuksesan warga masyarakat Desa Samba. Kesuksesan ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di KLU pada masa mendatang.

“Pengamanan Pilkades dari unsur gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Linmas masing-masing desa. Artinya, suksesnya pilkades ini berkat kejibakuan dan tungkus lumus seluruh lapisan masyarakat. Pendeknya ikhtiar kita semua dan tentu pula yang utama berkat rahmat Allah SWT,” tutur Sarjono.

Pesta demokrasi Pilkades PAW Samba tersebut dihadiri Kepala DP2KBPMD Ir. Hermanto, Camat Gangga, Kariadi, SP, Kabid PADes Martha Efendy, Kapolsek Gangga, IPTU Remanto beserta jajarannya, unsur Pol PP, Kasi Pemerintahan Kecamatan Gangga, Vidi Eka Kusuma, SIP, M.Si, Kasi PMD Kecamatan Gangga, Samsul Bahri, S.Sos., MM, Ketua dan anggota BPD, Pj Kepala Desa dan seluruh Perangkat Desa Samba, kedua calon dan pendukungnya, dan para tokoh Desa setempat serta sejumlah warga se-Desa Samba. (ndk)

Baca Juga :  Ringkasan APBD PROV NTB 2022 KE 33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *