Berita

Perkuat Silaturahmi, Ka.Kwarcab KLU Lakukan Kunjungan Ke Pondok Pesantren NW Dangiang

-

LOMBOK UTARA.Ditaswara.com.- Menjalin kerjsama dengan pihak luar dalam rangka meningkatkan kualitas hubungan dan kerjasma untuk sebuah instansi pendidikan adalah hal penting. Seperti yang lakukan Ketua Kwartir Cabang gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara bersama rombongan ke Pondok Pesantren Hidayatul Muttaqin NW Dangiang, Sabtu (03/09).

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain Ketua Kwarcab Lombok Utara Adenan,M.Pd, Ketua Harian Ahmad Abdul Gani,.M.Pd dan beberapa andalan Kwartir Cabang lainnya, hadir pula Sekretaris Mabiran, Ka.Kwarran Kayangan beserta pengurus dan beberapa andalan ranting, DKR, Pimpinan Yayasan, Kepala MI/MTs dan MA, Kepala Desa Sesait, Saka Wirakartika, Dewan Guru dan seluruh Civitas akademika Ponpes HM NW Dangiang serta para santri.

Pimpinan Yayasan Hidayatul Muttaqin NW Dangiang Ust. Karyawadi, QH.S.Pd dalam pengantarnya mengucapkan, selamat datang dan ucapan terima kasih atas kunjungan kerja Ka.Kwarcab beserta rombongan, yang juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara di Ponpes dibawah asuhannya di Desa Dangiang Kecamatan Kayangan. “Atas nama lembaga, kami sambut kehadiran Ka.Kwarcab beserta rombongan dengan suka cita, semoga kegiatan ini bermanfaat demi kemajuan dunia pendididkan, khususnya melalui pendidikan ekstrakurikuler kegiatan kepramukaan,”katanya.

Dikatakan, Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua yang memiliki basis tradisional yang mampu bertahan lama di bumi Nusantara hingga kini. Kekuatan akarnya di negeri ini; sosio-kultur dan ruh keislaman menjadikannya berkarakter lokal dan indegenous. Sudah pasti tidak mudah membangun suprastruktur sekuat dan sesolid pondok pesantren. Lembaga tersebut bukan hanya tampil secara konsisten dalam menyelenggarakan forum-forum pembelajaran khas pesantren, melainkan ia telah melewati babak sejarah yang cukup panjang untuk mempertahankan suvavilitas kelembagaannya. Dalam hal mengusahakan tetap mempertahankan keberlangsungan KBM di Ponpes HM NW Dangiang asuhannya tersebut, Karyawadi menyatakan telah banyak yang dilakukannya sejak 4 (empat) tahun terakhir pasca gempa 5 Agustus 2018 silam, yang melanda dan meluluh-lantakkan daerah tersebut. Diantaranya, membagun komunikasi dengan berbagai elemen di dunia pendidikan. Namun dirinya mengakui, hingga saat ini belum ada titik terang. Sehingga ia berharap, melalui kesempatan kunjungan kerja Ka.Kwarcab yang nota bene juga Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Utara ini, bisa memberikan angin segar buat fasilitas pendukung pendidikan dibawah naungan Yayasan Ponpes HM NW Dangiang pimpinannya itu.

Baca Juga :  PEMDA LOMBOK UTARA GELAR FESTIVAL SANGAH KUPI 2020

Ketua Kwarran Kayangan Imran Jayadi Arif,S.Sos dalam sambutannya mengajak dan memberikan motivasi kepada adik-adik anggota pramuka di Ponpes HM NW Dangiang untuk bagaimana bisa merubah alam ini dengan ilmu, terutama merubah karakter. Menurutnya, dengan ilmu, bisa menciptakan manusia menjadi orang yg berkarakter baik. Hal ini bisa dilakukan melalui pendidikan kepramukaan. “Syukur adik-adik anggota Pramuka yang bernaung di Ponpes HM NW Dangiang ini bisa membuktikannya, yakni telah sukses melaksanakan tugas dalam pasukan pengibar bendera pada upacara “Hari Pramuka” ke 61 tingkat Kabupaten Lombok Utara di Sesait,”tandasnya, seraya menambahkan sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petugas, termasuk pembinanya M.Rifa’i, S.Pd.

Selanjutnya, Ketua Kwarran yang berpenampilan low profil ini berharap semoga peringatan hari pramuka ke 61 tahun ini, bisa menyuntikkan semangat kepada adik-adik semua untuk meningkatkan prestasi dan berkarya. “Perbanyaklah bersyukur telah dianugerahi kemampuan dan kesempatan. Sebab di luar sana banyak anak-anak tidak punya kesempatan mengaktualisasikan dirinya. Dengan bersyukur, maka akan mengantarkan kalian pada kesuksesan,”ingatnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara Adenan, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, program kerja dan tujuan pendidikan dapat terlaksana berkat dukungan dan kerjasama yang baik dari rekanan atau pihak luar. Hal tersebut mendasari langkah pihaknya untuk melaksanakan kegiatan kunjungan untuk memperkuat silaturahmi ke pondok-pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Utara, yang salah satunya Ponpes HM NW Dangiang ini.

Kunjungan kerja ini, bukan tanpa alasan. Melainkan kunjungan kerja yang di gelar pihaknya ini, memang sengaja dilakukannya. Hal tersebut, disamping adalah memang melaksanakan agenda yang sudah ditetapkan, pun sengaja hadir untuk memperkuat silaturrahmi dengan pihak sekolah asal para petugas yang telah menyukseskan kegiatan upacara hari pramuka ke 61 tingkat Kabupaten Lombok Utara, 14 Agustus 2022 lalu.”Itulah sebabnya, kami berkunjung dan bersilaturrahmi ke sekolah asal para petugas yang telah menyukseskan kegiatan upacara hari pramuka tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun ini di Sesait,”ujarnya.

Baca Juga :  Pj. Bupati Lombok Timur Terima Penghargaan Gelar Teknologi Tepat Guna Dari Kementerian Desa

Momen kunjungan kerja yang dilakukan Ka.Kwarcab gerakan Pramuka Lombok Utara ke Ponpes HM NW Dangiang bersama rombongan tersebut, Adenan menyebut, ada 2 (dua) misinya, yakni selain sebagai Ka.Kwarcab, juga sebagai Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Utara. Sebagai Ketua Kwarcab gerakan pramuka Lombok Utara, ia menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah menyisihkan waktunya dalam rangka menyukseskan rangkaian gelaran kegiatan upacara hari pramuka ke 61 tingkat Kabupaten Lombok Utara, yang di pusatkan di Lapangan Umum Merenten Desa Sesait. Terutama, katanya, kepada panitia, para petugas upacara seperti pengibar bendera dan MC dari Ponpes HM NW Dangiang, petugas pembaca pancasila, pembukaan UUD 1945, Dasa Darma Pramuka dari Ponpes ABQ NW Santong, pemimpin upacara dari DKR Kayangan, Ketua Kwarran dan DKR Kayangan, Kepala Desa Sesait dan Ketua PS Merenten.”Atas nama Ka.Kwarcab Lombok Utara, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan tak terhingga atas dedikasi terselenggaranya kegiatan tersebut dengan sukses dan spektakuler,”ucapnya, seraya menambahkan, dirinya mengenal dan masuk pramuka sejak kelas 5 SD, setelah itu hilang dan kembali mengenal pramuka ketika dirinya di daulat menjadi Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Utara dan di percaya sebagai Ketua Kwarcab gerakan pramuka Lombok Utara. Ia juga yakin, ini semua berkat adanya para andalan yang masih aktif dan eksen dibidangnya, yang tetap melingkari dan mendampingi, seperti Kanda Ketua Harian Kwarcab Lombok Utara Ahmad Abdul Gani,M.Pd dan beberapa andalan cabang maupun ranting yang ada di masing-masing Kecamatan, yang selama ini terus mengabdi tanpa batas.

Kemudian, lanjutnya, sebagai Kepala Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara, Adenan juga mengingatkan kepada seluruh yang hadir, mohon dengan sangat terkait ilmu, dengan banyak ilmu, semakin banyak cobaan dan godaan semakin besar. “Jangan nodai madrasah ini dengan hal-hal yang kurang bermanfaat,”tekannya.

Baca Juga :  Info Keuangan BPKAD NTB Ke 1

Ia juga mengingatkan, keberadaan madrasah di daerah ini adalah sangat penting. “Semoga keberadaannya menjadi magnet kemajuan pendidikan di daerah ini. Ini tanggung jawab kita bersama untuk memajukan pendidikan dan jaga marwah pendidikan ini dengan salah satu penangkalnya yakni dengan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka ini. Harapan agar pendidikan ini bisa berkarakter,”tutupnya.

Dalam kunjungan kerja Ka.Kwarcab Lombok Utara ke Ponpes HM NW Dangiang tersebut, sesuai misi perkuat silaturrahmi, juga dirangkai dengan pembubaran panitia Hari Pramuka ke 61 tingkat Kabupaten Lombok Utara. Pun dalam kunjungan tersebut, dilalui dengan susunan acara pertama pembukaan oleh MC, Nadia Hayati Putri bersama Rohana Rizka Yanti menggunakan tiga bahasa (Inggris, Arab dan Indobesia), pembacaan Qalam Illahi, pengantar Pimpinan Yayasan, sambutan Ka.Kwarran Kayangan, sambutan Ka.Kwarcab Lombok Utara dan do’a oleh Ust. Afifudin.

Usai acara dilanjutkan dengan pembubaran panitia Hari Pramuka ke 61 tingkat Kabupaten Lombok Utara dan sesi foto bersama.(eko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *