Berita

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Kayangan Resmi Dilantik Dan Dikukuhkan

-

 

Lombok Utara Ditaswara.com. Pengurus Karang Taruna Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat masa bakti 2021 – 2026 Resmi di lantik dan dikukuhkan oleh Camat Kayangan Siti Ruka’iyah di Aula Kantor Kecamatan Kayangan, Jum’at (05/11).
Pelantikan tersebut tak hanya dihadiri Muspika Kecamatan Kayangan saja, akan tetapi pada momen tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara Fatullah mana dan Kabid Dayasosnya Husni Tamrin dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Utara Sinarto. Selain Muspika Kecamatan Kayangan, hadir pula seluruh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Kayangan, Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kecamatan Kayangan dan undangan lainnya.


Ketua Karang Taruna Kecamatan Kayangan Fikhan Gazali dalam sambutan perdananya mengucapkan terima kasih kepada Camat Kayangan yang selalu mensuport keinginan generasi muda untuk disatukan dalam wadah Karang Taruna Kecamatan, hingga sampailah puncaknya sekarang prosesi pelantikan dan pengukuhan, juga pihaknya sangat beterimakasih pada pengurus Karang Taruna Kabupaten Lombok Utara yang selalu membimbing dan memberikan arahan kaitan Organisasi ini.
”Saya secara pribadi maupun organisasi mengucapkan banyak terimakasih kepada semua unsur yang sudah mendukung dan mensuport, sebagai ketua tentunya ini adalah amanah yang diberikan kepada saya, yang harus dijalankan sesuai dengan aturan organisasi, tentunya ini juga butuh dorongan dan bantuan dari semua anggota, agar karang taruna Kecamatan Kayangan kedepan lebih baik, apa artinya seorang ketua kalau tidak didukung dan di bantu oleh semua anggota dan unsur Muspika Kecamatan Kayangan,” pungkasnya.
Dikatakan Fikhan, Pelantikan dan pengukuhan pengurus Karang Taruna Kecamatan Kayangan ini merupakan momen yang positif sehingga melalui organisasi ini, generasi muda diajak untuk kerja keras,kerja ikhlas,kerja yang benar tanpa pamrih. “Kerja di organisasi ini tidak ada gajinya, sehingga kita harus kerja ikhlas,”tegasnya.

Baca Juga :  Lombok Timur Genjot Tambang Galian C, PAD Meningkat Pesat Mencapai 135 Persen,


Sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Kayangan yang baru, Fikhan mengajak semua anggotanya untuk sesegera mungkin menyusun program kerja prioritas. Sehingga sebab, katanya, di antara sepuluh desa yang ada di wilayah Kecamatan Kayangan saat ini, masih ada satu desa yang belum membentuk Karang Taruna yakni Desa Pansor. Sehingga ia berpesan sebagai anggota pengurus Karang Taruna Kecamatan, dalam menjalankan tugasnya jangan sampai membelakangi Karang Taruna Desa. “Kita bantu dan support mereka, bangun komunikasi dan bangun silaturahmi antar,inter pengurus Karang Taruna sehingga nantinya terbangun sinergitas yang mumpuni,”ingatnya.
Camat Kayangan Siti Ruka’iyah dalam sambutannya mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif, dengan demikian Karang Taruna harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan.
”Saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus Karang Taruna Kecamatan Kayangan telah dilantik untuk masa bakti 2021-2026, dengan mengucapkan sumpah dan janji. Jadikanlah sumpah dan janji itu sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik sesuai tupoksi sebagai organisasi kepemudaan, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial,” tutur Camat, yang baru bertugas dua bulan di Kecamatan Kayangan ini.
Dikatakan, Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian, pertanian. Terutama dibidang sosial, banyak dimasyarakat persoalan sosial maka Karang Taruna harus hadir ditengah masyarakat.
Selain itu, katanya, Karang Taruna juga harus menjadi wadah bagi pemuda dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif sehingga dapat menghasilkan inovasi bagi kemajuan Kecamatan Kayangan. “Saya ucapkan selamat kepada saudara Fikhan Gazali yang berkesempatan memegang tampuk pimpinan sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Kayangan untuk masa bhakti 2021-2026. Tentu pasca pelantikan ini diharapkan segera bekerja sesuai amanat yang diberikan untuk mengakomodir kreatifitas atau potensi-potensi yang dimiliki generasi muda di desa agar bisa mengembangkan bakatnya. Semoga sukses menjalankan tugas pada masa periode ini,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara Faturrahman dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi atas terbentuknya Pengurus Karang Taruna Kecamatan Kayangan dan bahkan pertama kali membentuk jika dibandingkan dengan Kecamatan lain di Kabupaten Lombok Utara akhir tahun 2021 ini. Sehingga pasca pengukuhan ini, Karang Taruna Kecamatan Kayangan dalam menjalankan tugasnya dituntut harus fokus bagaimana menggali dan mengembangkan potensi para pemuda di Kecamatan Kayangan ini.
Disebutkannya, Kecamatan Kayangan ini merupakan barometer masuknya para pengusaha dan NGO. Jika momen ini bisa dimanfaatkan, tentu bisa berpeluang besar sebagai sumber potensi kesejahteraan sosial. Sehingga ia berharap, Karang Taruna harus menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan di desa. Sebab menurutnya, karang taruna adalah satu-satunya organisasi sosial pemuda yang memikiki struktur hingga desa.
“Tujuan dibentuk sampai tingkat desa adalah agar siap menjadi organisasi pemuda terdepan atau pelopor pembangunan di wilayah administratif paling kecil,” katanya.
Menurutnya, Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya para pemuda senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat, serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan. “Karang Taruna harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ponpes Banyak Menciptakan Insan Yang Berguna.

Hal senada, juga disampaikan Sinarto, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Utara dalam sambutannya, ia berharap agar Karang Taruna harus mampu menunjukan perannya dan tegas memposisikan dirinya, dimana Karang Taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat.
“Karang Taruna sebagai organisasi pemuda yang dibentuk pemerintah, bukanlah pesaing pemerintah, akan tetapi tugas karang taruna untuk membantu tugas pemerintah agar apa yang di laksanakan pemerintah itu bisa dijalankan dengan jauh lebih mudah dan lebih ringan,” tuturnya.
Sinarto berharap, dengan dikukuhkannya kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Kayangan masa bakti 2021-2026 ini, dapat berjalan mandiri dan menjadi pelopor pembangunan di wilayah Kecamatan Kayangan dengan memberikan program-program yang inovatif dan solutif, sehingga keberadaannya mampu menyejahterakan masyarakat serta membawa Kecamatan Kayangan menjadi Kecamatan yang unggul dan mandiri.
“Selain sebagai pelopor pembangunan, Karang Taruna Kecamatan Kayangan, juga harus siap menjadi garda terdepan dalam memerangi penyalahgunaan narkoba agar program pembangunan di Kecamatan Kayangan bisa terwujud,”tegas Sinarto, seraya menambahkan lebih-lebih saat ini sedang berlangsung pandemi Covid-19.(eko).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *