Berita

Kadis Pemuda & Olahraga dan Kadis Pariwisata NTB, Lantik Anggota Rinjani Geopark Youth Forum.

-

 

Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”. Kalimat yang dilontarkan oleh Ir. Soekarno, Presiden Pertama Indonesia itu bermakna betapa dahsyat apa yang bisa dilakukan pemuda dalam melakukan perubahan.

Lombok Timur.Ditaswara.com.Menyadari pentingnya peran pemuda itu, Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark telah membuat sebuah wadah bernama Rinjani Geopark Youth Forum dan mengundang pemuda-pemudi berusia minimal 18 dan maksimal 24 tahun yang ada di seluruh Kawasan Geopark Rinjani Lombok untuk bergabung didalamnya. Wadah ini nantinya akan menjadi tempat para pemuda-pemudi berkreasi menuangkan gagasan konkrit dan kreatif dalam ikut mengembangkan pengembangan Geopark Rinjani melalui pendekatan 3 (tiga) pilar geopark yaitu pilar Konservasi, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan.

Untuk mendapatkan pemuda-pemudi yang benar-benar serius dan berkualitas, Rinjani Lombok UGGp telah melakukan serangkaian tahapan seleksi dimulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara dan tahapan terakhir adalah dalam bentuk pembekalan dengan menggunakan metode learning by experience kemah sambil belajar (EDUCAMP) sebanyak 4 (empat) seri Pembekalan yang diadakan setiap minggu selama satu bulan penuh. Dari sekitar 220 orang peserta yang mendaftar tersisa sekitar 46 orang saja yang berhasil menyelesaikan semua tahapan dan dilantik menjadi anggota Rinjani Geopark Youth Forum (RGYF) Angkatan I tahun 2021.
Acara pelantikan dilaksanakan di Pusat Informasi Geopark Rinjani – Sembalun pada hari Kamis, 1 Juli 2021 dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi, Iskandar Zulkarnain, Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappeda NTB, Kepala KPH Rinjani Timur H. Lalu Ayub Zainudin, Perwakilan Dinas LHK NTB, Perwakilan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Perwakilan BKSDA NTB, Komite Sembalun 7 Summits dan perwakilan Komunitas Sembalunina.

Baca Juga :  PEKAN OLAH RAGA PELAJAR DAERAH  DI BUKA BUPATI LOTIM

Dalam sambutannya saat melantik anggota RGYF 2021 mewakili Sekda NTB selaku Ketua Dewan Pengarah Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark yang berhalangan hadir, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs. H. Surya Bahari menyampaikan apresiasinya yang tinggi terhadap terbentuknya wadah bagi anak muda dalam forum RGYF yang digagas oleh Dewan Pelaksana Rinjani Lombok UGGp. Walaupun tidak didukung anggaran yang memadai, dengan konsep kolaborasi dengan banyak pihak, kegiatan besar RGYF 2021 ini bisa dilaksanakan dengan sukses.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas lahirnya RGYF. Kehadiran forum RGYF ini akan sangat membantu upaya Dinas Pariwisata dalam mempromosikan kepariwisataan pulau Lombok.
“Kehadiran adek-adek RGYF selain berperan sebagai Geopark Rinjani Ambassador, kami juga angkat anda semua sebagai duta wisata pulau Lombok”, kata Yusron disambut tepuk tangan meriah para peserta RGYF 2021.

Acara pelantikan ditandai dengan pemasangan secara simbolis Jaket RGYF oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga & Kepala Dinas Pariwisata NTB didampingi oleh GM Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark kepada Muh. Hapip Rahmat Hidayat dan Ade Rizky Ananda selaku ketua dan Sekretaris RGYF Angkatan I yang dimalam sebelumnya telah dipilih secara demokratis oleh seluruh peserta RGYF yang hadir. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang Proposal project terbaik, pemenang game Amazing Race, Pemenang Design Logo dan Pemenang Postingan media Sosial.(red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *