Berita

HUT JMSI NTB DI RAYAKAN SEDARHANA

-

MATARAM.Ditaswara.com.HUT Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ke 1 di peringati secara sederhana oleh para pengurus JMSI Privinsi NTB hari Senin (8/2) di Kantor Inti Mataram.

“Patut kita bersyukur bahwa JMSI saat kini semakin eksis dan terus mengembangkan diri yang sampai saat ini pengurusnya sudah ada di 29 provinsi,” kata salah seorang pengurus JMSI NTB Moh.Ikliludin.

Menurut Iklil,saat ini untuk di JMSI NTB anggotanya sudah mencapai 19 media online yang sudah memenuhi persyaratan,sementara puluhan media online lainnya masih antri untuk masuk menjadi anggota sambil mengurus persyaratan yang di tetapkan JMSI NTB.

Lebih jauh di katakan Lop demikian panggilan akrab Iklil,keberadaan JMSI sebagai sebuah perusahaan pers banyak memberikan manfaat terutama bagi mereka yang saat ini membuka usaha di bidang media online,banyak hal yang bisa di kembangkan seperti peningkatan kwalitas usaha pers yang sesuai dengan aturan dewan pers,dan peningkatan kwalitas awak media atau wartawan terutama tulisan -tulisan yang harus sesuai dengan kaidah jurnalis.

“Kita prihatin sekali saat ini banyak kwalitas tulisan para wartawan yang jauh dari harapan dan ini harus di benahi melalui seleksi ujian kompetensi wartawan (UKW) baik yang di adakan oleh PWI maupun lembaga lain yang di percaya,”imbuhnya.

Sementara itu salah satu pengurus JMSI Pusat Rudi Hidayat memberikan tanggapan pada HUT perdana JMSI ini,saat ini media mengalami tantangan yang berat terutama setelah terjadinya virus corona Civid-19,banyak usaha media baik cetak maupun online yang merampingkan jumlah karyawan maupun wartawannya.Hal ini menjadi ujian yang sangat berat bagi industri pers yang berusaha bertahan dengan anggaran sangat terbatas.

“Semoga ujian berat ini segera berlalu dan industri pers bisa bergairah lagi seperti dulu,” katanya.

Baca Juga :  Kadis Dikbud Lotim Tegaskan Tidak Ada Pemotongan Anggaran Guru Honorer Hanya Penyesuaian Saja

Hadirnya JMSI di NTB membawa angin segar bagi media siber,karena secara tidak langsung mendapatkan spirit baru untuk tetap eksis menjalankan usaha media,minimal ada tambahan pendapatan yang di peroleh dari adanya kerjasama baik advetorial maupun iklan.

Sementara itu ketua JMSI NTB Boy Mashudi dan Sekretaris Moh.Rasyid sedang ada di Jakarta mengikuti perayaan JMSI ke 1 dengan pengurus JMSI se Indonesia .Boy menitip pesan agar semua anggota JMSI tetap semangat dan kompak,terutama kaitannya untuk menghadapi peripikasi dari dewan pers.

“Insya Allah semua anggota JMSI perlahan tapi pasti akan lolos peripikasi karena semua anggota sudah melengkapi persyaratan yang telah di tetapkan dewan pers,”katanya.

Saat ini yang sudah memenuhi syarat dan lolos perpikasi lanjut baru ada 3 media yaitu Radar Lombok,Radar Sumbawa dan Grafikanews,dan bulan februari 2021 dewan pers akan ke NTB untuk melakukan peripikasi anggota JMSI NTB yang lainnya.

Perayaan je 1 JMSI NTB ditandai dengan pemotongan tumpeng yang di lakukan salah seorang sesepuh anggota JMSI NTB Riyanto Rabbah dan menyerahkan potongan tumpeng tersebut je Ikliludin dan Rudy Hidayat di sajsikan oleh para oengurus lainnya.(and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *