Berita

GROUP WA “TAU DITA” SERAHKAN SUMBANGAN KE PEMBANGUNAN MASJID NURUL YAQIN DESA REMPUNG

-

Total Sumbangan Rp.18.311.000;

LOMBOK TIMUR.Ditaswara.Com. Group WhastsApp (WA) “Tau Dita” Desa Rempung dalam rangka membantu pembangunan masjid Nurul Yaqin Desa Rempung,melakukan pengumpulan sumbangan amal dari anggotanya.Pengumpulan amal tersebut di mulai dari tanggal 14 sd 22 Agustus 2021, dan total sumbangan amal yang terkumpul sejumlah Rp.18.311.000 (delapan belas juta tigaratus sebelas ribu rupiah).
“Alhamdulillah sumbangan amal yang terkumpul di luar perkiraan,mayoritas anggota group WA “Tau Dita” bersemangat sekali untuk membantu pembangunan amal masjid kita tersebut dengan mengeluarkan sumbangan amal sesuai dengan keihlasannya,” kata salah satu admin Zamzami Rahim.


Menurut nya,awalnya ide untuk pengumpulan sumbangan amal ini yaitu adanya kekurangan kramik sekitar 100 kotak untuk dipasang di bagian Timur dan Selatan teras masjid,harga satu per kotak kramik tersebut Rp.182.000 sehingga membutuhkan dana kurang lebih Rp.18.200.000 (delapan belas juta dua ratus ribu rupiah). Atas dasar itu dari pengurus masjid meminta kepada admin untuk sekiranya dapat membantu kekurangan keramik tersebut dengan mengumpulkan donasi amal dari para anggota Group WA Tau Dita.
Ternyata ide untuk mengajak pengumpulan sumbangan amal ini di respon positip oleh semua anggota,begitu kita inpormasikan lewat group tentang pengumpulan sumbangan amal untuk pembelian keramik,langsung setiap hari sumbangan amal ini masuk baik secara langsung di berikan ke admin maupun bagi anggota yang jauh atau di luar daerah di kirim lewat transper bank.
Setelah delapan hari dilakukan pengumpulan sumbangan amal tersebut terkumpul sumbangan amal sebesar Rp.18.311.000 dan di serahkan ke kepala desa pada hari Senin (23/8)


Acara penyerahan dilakukan di aula kantor Desa Rempung yang dihadiri oleh Kepala Desa Rempung,Pengurus masjid,kawil dan admin bersama beberapa anggota group WA Tau Dita. Dalam sambutannya Kepala Desa Rempung Moh Sakirin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang digalang oleh masyarakat yang tergabung dalam group WA Tau Dita.
“Atas nama Pemerintah Desa Rempung mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya kepada admin dan semua anggota group yang telah berpartisipasi untuk membantu penyelesaian pembangunan masjid kita tersebut,” kata Sakirin.
Sementara itu salah satu admin lainnya Mustaan Suardi dalam kata pengantarnya sebelum di serahkan bantuan atau sumbangan amal dari anggota Group Tau Dita mengatakan,sumbangan amal dari group Tau Dita murni semuanya berasal dari anggota Group baik yang berasal dari dalam desa Rempung maupun yang berada di Mataram,Selong,Bali,Sumbawa,Flores,Sulawesi,kalimantan dan Malang Jawa Timur.
“Sumbangan amal yang berasal dari anggota yang dari luar desa Rempung sebesar Rp.6.550.000;,sedangkan sumbangan amal dari anggota yang tinggal di desa Rempung berjumlah Rp.11.761.000;,” katanya.
Dari anggota Group sebanyak 151 orang yang sudah memberikan sumbangan amal sampai saat sekarang sebanyak 61 orang, dengan rincian dari Flores 2 orang,Sumbawa Barat 2 orang,Bali 2 orang,Mataram 2 orang,Malang 3 orang,Sulawesi 1 orang dan Kalimantan 2 orang, sedangkan dari dalam Desa Rempung sebanyak 48 orang.
Selanjutnya menurutnya,dari total jumlah sumbangan sebesar Rp.18.311.000;,penyerahan sumbangan amal tersebut dilakukan secara bertahap,untuk tahap pertama di serahkan sebesar Rp.15.000.000; (limabelas juta rupiah),sedangkan sisanya saldo sebesar Rp.3.311.000 akan di berikan pada tahap kedua dengan alasan donasi pengumpulan sumbangan amal dari anggota group Tau Dita akan terus dilakukan karena ada permintaan dari anggota akan mengeluarkan sumbangan amal baik pada minggu ini sampai bulan September 2021.
“Sampai saat ini sudah tiga kali dari anggota Group Tau dita melakukan kegiatan sosial,yang pertama memberikan santunan kepada marbot,santunan kepada 105 orang anak yatim piatu, lansia dan warga tidak mampu,dan yang ke tiga ikut membantu pembangunan masjid Nurul Yaqin Desa Rempung,semoga apa yang di berikan dan dilakukan oleh para anggota Group Tau Dita di catat sebagai amal jariyah oleh Allah S.W.T,”imbuhnya.

Baca Juga :  Bisa Dicopot di Tengah Jalan, Penjabat Gubernur NTB Diingatkan Bekerja Terukur dan Selalu Berpatokan pada Aturan


Sementara ketua Pengurus Masjid Nurul Yaqin Desa Rempung Hamzah,dalam acara penerimaan sumbangan tersebut mengatakan,sangat terharu dan bangga atas insiatip masyarakat desa Rempung yang ada di Group Tau Dita ini. Rasa kebersamaan dan rasa peduli merupakan ciri masyarakat Desa Rempung sehingga pembangunan apapaun yang dilakukan di desa Rempung akan selesai juga.
“Insya Allah dengan adanya dukungan dari semua komponen masyarakat desa Rempung ini,pengerjaan pembangunan masjid ini akan selesai sesuai dengan terget waktu yang sudah di tentukan,apa yang dilakuan oleh anggota group Tau Dita dapat menginspirasi kelompok masyarakat lain untuk berbuat yang sama”katanya.
Saat ini lanjutnya,progres pembangunan masjid Nurul Yaqin yang sudah di lakukan setiap hari terus berjalan,yang dimulai dengan pengerukan tanah dihalaman masjid yang dilanjutkan dengan pemasangan papin blok,pengecatan semua bangunan induk sampai menara masjid,pemasangan kramik di teras masjid bagian Utara dan anak tangga menuju lantai dua,termasuk rencana pemasangan keramik teras Timur dan Selatan Sumbangan group Tau Dita ini .Pembuatan tempat wudhu di bagian utara yang di lengkapi dengan pemasangan batu alam yang nantinya akan di pasangkan besi stainlis sebagai pijakan kaki,tempat kran yang dilengkapi dengan pegangan tangan dari besi stanlis serta akan dilengkapi dengan atap dari kanopi.
Sedangkan dibagian luar sudah rampung dipasang batu alam untuk tempat nama masjid yang nantinya akan di lengkapi dengan hiasan lampu termasuk lampu sorot untuk menerangi nama masjid dimalam hari.Untuk menara masjid pengecatan sudah dilakukan dan saat ini dilakukan penurunan bambu-bambu penyangga, nantinya akan di lanjutkan dengan pemasangan lampu sorot yang warna warni untuk menambah keindahan dan kemegahan masjid dimalam hari.
“Sekarang jemaah yang ke masjid tidak perlu parkir kendaraan di luar masjid,didalam tempat parkir khususnya sepeda motor cukup luas baik dibagian Utara maupun Selatan,nantinya tempat parkir ini akan di buatkan atap sehingga kendaraan akan terlindungi.Begitu juga di areal seputaran masjid akan di pasang CCTV dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masjid,”imbuhnya.
Selanjutnya untuk sektor lain pembangunan yang akan segera dikerjakan yaitu penataan kembali tempat wudhu yang lama, dimana kondisinya kurang terawat dengan baik,merenovasi pagar keliling,menata kembali jaringan air termasuk jaringan listrik dan mendesain ulang agar sound system masjid bisa lebih baik lagi.
Terkait dengan masalah anggaran pembangunan masjid,semua pengurus masjid merasa optimis bahwa pembangunan ini akan tetap berjalan,dan saat ini sumbangan dari RW/RT tahap kedua sedang berjalan,begitu juga warga Rempung yang ada di Mataram juga ikut berpartisipasi.Selain itu ada beberapa upaya lain untuk mencari tambahan dana termasuk ke pemerintah maupun para donatur lain yang diharapkan dapat membantu penyelesaian pembangunan tahap ahir masjid ini.
“Atas nama pengurus masjid mengucapkan terima kepada RT/RW yang selama ini begitu aktip mengajak masyarakat untuk memberikan donasi sumbangan amalnya,dan kepada masyarakat desa Rempung tanpa kecuali yang sudah ikut memberikan andil membantu pembangunan masjid kebanggan kita ini dengan rendah hati sekali lagi kami mengucapkan terima kasih banyak,”pungkasnya.(ndk)

Baca Juga :  PUNCAK WORLD CLEAN UP DAY DI LOMBOK TIMUR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *