Berita

DPP GUPPI BERKUNJUNG KE PONTREN CENDEKIA NW.

-

LOMBOK TIMUR.Ditaswara.com . Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam (DPP.GUPPI) melakukan kunjungan ke Pondok Pesentren Cendekia Darul Lutviyah Murni NW Aikmel.Pontren yang dikunjungi ini merupakan salah satu Pontren yang unik karena mengkaloborasikan pesentren tradisonal dan modern dimana bangunan tradisional Sasak dengan kurikulum moderen dimana santri harus mondok dan harus berbahasa Inggris dan Arab.
“GUPPI adalah organisasi yang bergerak dalam usaha-usaha perubahan pendidikan Islam agar pendidikan ummat dapat terus beradaptasi dengan tetap sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah,” kata Ketua Umum DPP GUPPI Prof.Dr.H.Imam Tholhah,M.Sc ,dalam sambutannya saat berkunjung ke Pontren Cendekian Darul Lutviyah Murni NW Aikmel,Jum’at (22/7).


Lebih lanjut dikatakannya, dalam kunjungan kali ini Pontren yang ada di Lombok Timur atas izin dan rekomendasi Bupati Lombok Timur HMSukiman Azmy. DPP GUPPI ini berdiri pada tahun 1950 di Sukabumi Jawa Barat.Pada Saat berkunjung ke Pontren ini tergambar dengan nyata proses pendidikan Islam,dengan penampilan yang secara tradisional dan memaksimalkan potensi potensi lokal,lokasinya banyak sumber air dan belajar di atas kolam, kemudian komonikasi sehari- hari para santrinya memakai bahasa Inggris dan Arab.
“Banyak nilai-nilai karakter yang luar biasa yang didapatkan oleh para santri di Pontren ini yang tidak banyak di tempat lain, oleh karena itu saya terima kasih kepada Bupati Lombok Timur dan Pimpinan Pontren yang sudah menerima kami dengan penuh rasa kekeluargaan,”imbuhnya.
Kunjungan DPP GUPII ke NTB ini juga dalam rangka konsolidasi kepengurusan GUPPI hususnya yang ada di Pulau Lombok dimana melakukan kunjungan ke semua kabupaten/kota .
Sementara itu Pimpinan Pontren Cendekia Darul Lutviyah Murni NW Aikmel Dr.H.Mugni M.Pd.M.Kom mengatakan,Pontren yang didirikan ini sangat sederhana dengan desaian bangunan tradisional Sasak (alang-alang), dan para santri tidak boleh belajar memakai bangku. Hal ini dimaksud untuk epesiensi penggunaan ruangan dengan multi fungsi.
“Hal ini juga dengan tujuan untuk membangun karakter dasar santri yaitu harus sabar, qonaah dan ihlas. saya malu di kunjungi oleh DPP.GUPPI dengan kondisi Pontren yang sederhana ini,” kata Mugni saat menyambut kedatangan rombongan DPP GUPPI.
Lebih lanjut dikatakannya, Pontren Cendekia ini didirikan pada tahun 2014 dan sampai tahun 2022 sudah mengelola 5 jenis lembaga pendidikan yaitu TK,SMP,SMK,Madrasah Aliyah,dan perguruan tinggi dalam bentuk Politehnik yaitu Politehnik Selaparang Lombok (PSL) yang operasionalnya keluar pada bulan Desember 2021 dengan 3 Prodi yaitu D3 Perjalanan Wisata,D3 Usaha Budidaya Ternak dan D4 Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan,dan pada tahun 2022 menerima mahasiswa perdana.
Sampai saat ini sudah 6 kali menamatkan dengan jumlah alumni 600 orang dan diharapkan keberadaan DPP GUPPI di Pontren ini akan memberikan kemajuan cendekia di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Bupati Buka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dan Pengawas di Kabupaten Lombok Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *