Berita

DI PERKIRAKAN LEBIH DARI 3 ORANG BALON KADES PAW REMPUNG

-

LOMBOK TIMUR.Ditaswara.com.Animo beberapa tokoh masyarakat dan pemuda desa Rempung untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) priode tahun 2021-2024 cukup tinggi. Hal ini terbukti dari pernyataan secara terbuka dari beberapa bakal calon untuk menyatakan diri maju menggantikan Umar Ubaid setelah mengundurkan diri pada bulan Desember 2020.

“Kita patut bersyukur Pilkades PAW Desa Rempung akan di ikuti oleh banyak di ikuti oleh kalangan muda maupun tokoh masyarakat ,semakin banyak bakal calon semakin banyak pilihan bagi masyarakat Rempung,” kata Sekretris Panitia Pilkades PAW Desa Rempung Azwar Hamid SH.

Foto Balon Kades Rempung Mawardi

Menurut Azwar,seandainya bakal calon ini lebih dari maksimal 3 orang yang telah memenuhi syarat administrasi maka sebagaimana di atur dalam Permendagri RI anomor 65 tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa maka akan di lakukan seleksi tambahan.Seperti yang di atur dalam pasal 47 C ayat (4) yang diantaranya seleksi tambahan atau kereteria tambahan yaitu memiliki pengalaman di pemerintahan desa,tingkat pendidikan dan atau persyaratan lain yang di tentukan oleh Peraturan Bupati.

Lebih rinci lagi sebagaimana di atur dalam peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, pada pasal 34 pada ayat (1) hurup a,pengalaman kerja di lembaga Pemerintahan dengan bobot nilai 20 persen,selanjutnya pada hurup b,tingkat pendidikan dengan bobot nilai 20 persen, di hurup c,masalah usia dengan bobot nilai 5 persen, dan di hurup e,persentase dukungan dengan bobot nilai 15 persen.

Foto Balon Kades Rempung Ahmad Rojie

“Adanya seleksi tambahan ini memang sudah di tentukan dalam Peraturan ,dan panitia akan melaksanakan segala ketentuan tersebut dengan baik sehingga tidak ada pihak manapun dari bakal calon yang akan di rugikan dan kami bekerja secara proposional,”imbuh Azwar.

Baca Juga : 

Sesuai dengan jadwal panitia bahwa pendaftaran bakal calon sudah di buka mulai tanggal 3 sampai dengan 19 Februari 2021,semua berkas pendaftaran bakal calon dapat di ambil di sekretariat panitia di kantor Desa . Saat ini panitia bekerja pada tahap persiapan yang di awali dengan pelantikan panitia,pengajuan biaya pemilihan kepada Pejabat Kades,Persetujuan biaya PAW oleh Penjabat Kades,pengumuman dan pendaftaran bakal calon. Dan ini sudah lengkap kita cantumkan pada Rencana Kerja Panitia sampai saat pelantikan kepala Desa PAW terpilih nanti.

Foto Balon Kades Rempung Rosyiadi

Untuk Komposisi panitia ada salah satu anggota panitia yang mengundurkan diri yaitu Suparlan karena akan ikut mendaftar sebagai bakal calon Kepala desa.Keputusan untuk maju menjadi bakal calon ini mengejutkan banyak pihak karena dari awal nama Suparlan tidak pernah di sebut akan maju sebagai bakal calaon Kades Rempung. Untuk itu sebagai seorang perangkat desa maka sebelum mendaftarkan diri harus mengajukan surat cuti dulu dari pekerjaannya sebagai perangkat desa.

Terkait adanya surat surat cuti ini saat ini ada pro kontra di tengah masyarakat,salah seorang tokoh masyarakat desa Rempung Drs. M.Natsir Khair mengatakan,sebaiknya bagi yang menjabat sebagai abdi masyarakat termasuk menjadi perangkat desa kalau mau maju menjadi bakal calon kepala desa sebaiknya mengundurkan diri secara permanen saja dari jabatannya tersebut.

“Sebab kalau sekedar cuti saja nanti terkesan mau coba-coba saja untuk maju menjadi bakal calon,kalau mundurnya permanen dipastikan akan konsentarsi penuh untuk dapat memenangkan pilkades ini,”katanya singkat.

Foto Balon Kades Rempung M. Syakirin

Sementara itu Suparlan ketika di hubungi Ditaswara,com mengatakan,bahwa dia sudah mantap untuk maju menjadi bakal calon Kepala Desa PAW Desa Rempung,masalah kalah dan menang itu menjadi ketentuan Allah,yang pasti dia sudah mempersiapkan segala persyaratan-persyaratan yang di butuhkan bahkan akan mendaftar paling dulu di panitia.

Baca Juga :  KEPPS LOTIM ADAKAN AJANG CARI PENYANYI BERBAKAT

Dari serapan Ditaswara.Com beberapa tokoh masyarakat lainnya yang sudah menyatakan diri untuk maju menjadi bakal calon Kades Rempung antara lain Rosyiadi,Mawardi,Syakirin dan Ahmad Rojie. Ke empat bakal calon ini sudah bergerak di tengah-tengah masyarakat untuk mencari simpatik dan dukungan .Salah satu balon Rosyiadi mengatakan,bahwa dia sudah cukup lama untuk memepersiapkan diri untuk menjadi orang nomor satu di desa Rempung.

“Kalau saya di berikan amanah oleh masyarakat,seluruh masyarakat desa Rempung saya akan ajak untuk sama-sama membangun desa ini tanpa kecuali,karena desa ini milik kita bersama,”kata Rosyiadi Singkat.

Foto Balon Kades Rempung Suparlan

Sementara itu bakal calon lain Mawardi mengungkapkan,dirinya tetap berkomitmen untuk membangun desa Rempung secara keseluruhan di semua bidang,karena banyak potensi yang dapat di kembangkan menjadi salah satu sumber pendapatan.

“Rempung itu kaya dengan sumber daya termasuk sumber daya manusia tinggal bagaimana di berdayakan saja dan menjadi masyarakat yang mandiri,saya berharap dukungan dan doa dari masyarakat semoga perjuangan ini berhasil dan sukses,”katanya.

Calon lainnya Ahmad Rojie melalui tim keluarga Wardah Hamid mengatakan,majunya Ahmad Rojie semata-mata ingin melihat Rempung tetap menjadi desa pioner di Lombok Timur.Desa Rempung selama ini banyak mendapatkan penghargaan dari pemerintah,diharapkan untuk kepala desa Rempung yang akan datang,Ahmad Rojie sebagai sosok yang dapat di harapkan akan membawa desa Rempung lebih maju,sejahtera,aman dan relegius.

“Dengan pengalaman berkecimpung di berbagai bidang pekerjaan,kami sekeluarga mendukung Ahmad Rojie untuk maju sebagai bakal calon Kepala Desa PAW Desa Rempung,semoga ihtiar mengejar takdir ini di dukung oleh seluruh masyarakat dan di Ridhoi Allah,”ungkapnya dengan mantap.

Sementara itu komposisi Kepanitian menjadi berkurang setelah mundurnya Suparlan dari anggota panitia,untuk mengisi kekosongan ini akan segera di peroses penggantinya yang akan segera di peroses oleh BPD Desa Rempung.(and).

Baca Juga :  4 Desember 2023 IPM Lombok Timur Selain Naik Peringkat 9 Ke 7, Juga Naik “Kelas” Oleh: Ir. Lalu Muh. Kabul, M.AP Ketua Koalisi Kependudukan Kab.Lombok Timur

One thought on “DI PERKIRAKAN LEBIH DARI 3 ORANG BALON KADES PAW REMPUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *