BeritaLombok Timur

Pj. Bupati Lombok Timur Tutup Manasik Haji dan Melepas 1.143 Jamaah Calon Haji

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Sebanyak 1.143 jamaah calon haji Lombok Timur di lepas langsung Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik, di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, Senin (29/4).

Pj. Bupati Taofik dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, baik dari Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah yang sudah bersinergi dalam persiapan haji tahun 1445 Hijriah ini.

”Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang erat antara Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah, diharapkan haji tahun ini berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi para jamaah,” ucapnya.

Disebutkan bahwa jumlah jamaah calon haji tersebut merupakan 0,1 persen dari jumlah masyarakat di Lombok Timur. Sehingga pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan agar materi dan arahan-arahan yang diberikan oleh pembimbing tidak diremehkan dan diperhatikan dengan seksama. ”Para jamaah kita harapkan tetap menjaga kesehatan dan kekompakan sehingga rangkaian ibadah haji dapat diikuti dengan baik,” katanya.

Selain itu, teruntuk jamaah calon haji yang berusia muda kak Ofik panggilan akrab Pj. Bupati, berpesan agar memperhatikan jamaah haji lansia dan kurang sehat.

”Semoga seluruh jamaah calon haji kita ini diberikan kekuatan lahir dan batin, disempurnakan ibadah haji dan dijauhkan dari semua larangan-larangan saat sedang menjalankan ibadah haji sehingga semua mendapat predikat haji mabrur,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Lombok Timur, Makinuddin Mas’ud menyampaikan bahwa para jamaah haji tersebut terbagi dalam 5 kloter. Yakni terdiri dari dua kloter utuh dan tiga kloter lainnya adalah campuran.

”untuk pemberangkatan jamaah kloter pertama akan diberangkatkan tanggal 16 Mei 2024, dan insyaallah akan dilepas langsung Pj. Bupati pada 15 Mei mendatang,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Lombok Utara Ajak Masyarakat Lestarikan Alam.

Disampaikan pula bahwa tahun ini Pemda Lotim kembali menanggung biaya keberangkatan dan kepulangan jamaah calon haji Lombok Timur dari Masjid Agung Selong sampai Asrama haji Loang Balok dan sebaliknya. ”Dimana biaya keberangkatan dan kepulangan itu harus ditanggung jamaah,” katanya.

”Kloter pertama Lombok Timur akan diberangkatkan sebanyak 388 orang dengan kloter utuh. Kemudian pemberangkatan kedua itu 99 orang dengan kloter campuran dari Kabupaten Sumbawa dan KSB,” tambahnya.

Lanjut dikatakan bahwa kembali kloter 3 Lombok Timur akan diberangkatkan utuh sebanyak 388 orang, kemudian sebanyak 231 orang pada kloter 4 akan diberangkatkan campur dengan Kabupaten Lombok Utara dan Sumbawa Barat. ”Kloter 5 terakhir diberangkatkan sebanyak 38 orang tanggal 27 Mei 2024 menggunakan kloter campuran juga dari Sumbawa dan Provinsi,” tutupnya.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *