BeritaLombok Timur

Pepadu Sakti’ Terobosan Baru RSUD Soedjono Selong Bersama Dukcapil Lombok Timur

-

Penulis: Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Soedjono Selong bersama Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur dan Pemerintah Daerah membuat terobosan baru yakni melaunching Program Pelayanan Petugas Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit yang Terintegrasi (Pepadu Sakti). Berlangsung di Aula II RSUD R. Soedjono Selong, Selasa (16/4).

“Guna meningkatkan keberlangsungan Universal Health Covarage (UHC) di Kabupaten Lombok Timur maka dimunculkan ‘Program Pepadu Sakti’ yang memiliki beberapa fungsi diantaranya, pertama menerbitkan nomor induk kependudukan (NIK) atau kartu tanda penduduk (KTP) online, penerbitan akta kelahiran, penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), penerbitan kartu keluarga baru, penerbitan langsung akta kematian, dan serta penerbitan BPJS kesehatan bagi anak baru lahir,” Hal itu disampaikan Direktur Utama RSUD Raden Soedjono dr. Hasbi Santoso, dalam sambutannya.i

Program Pepadu Sakti di RSUD Soedjono kata dia, merupakan pelayanan yang berkaitan dengan administrasi yang dapat terlayani 24 jam. “Program ini (Pepadu Sakti, red) dengan adanya program ini 24 jam, karena staf dari Dukcapil akan ikut sif jaga di UGD hingga memberikan pelayanan nonstop,” katanya.

Sebanyak 87 persen pasien di RSUD Soedjono ini dikatakannya adalah pasien yang tercover BPJS kesehatan. Kendati demikian masih banyak pula masyarakat yang belum mampu memenuhi persyaratan dalam peningkatan pemanfaatan UHC ini, salah satunya belum memiliki NIK online.

”Biasanya kami dirumah sakit terkendala di NIK atau KTP terutama pada nama dan tanggal lahir. Masyarakat kita memiliki KTP tetapi beda nama dan tidak jarang bahkan tidak ada datanya di DTKS, padahal secara faktual masyarakat kita ini tidak mampu,” ucapnya

Baca Juga :  Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejari Lotim Berikan Penghargaan Kepada Jurnalis Berintegrasi Dan LSM

Program Pepadu Sakti ini pun disebutnya sangat mengandalkan sistem digital online. Terlebih RSUD Soedjono sejak Juni 2023 merupakan rumah sakit pertama dan masih satu-satunya yang masuk dalam sistem online satu sehat untuk Indonesia.

Sementara itu, Pj. Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik mengucapkan selamat kepada RSUD Soedjono Selong dan Dukcapil Lombok Timur atas terobosan program baru tersebut.

”Selamat kepada RSUD Raden Soedjono dan Dukcapil atas launchingnya Program ‘Pepadu Sakti’ ini yang lahir pada 16 April 2024,” Demikiannya.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *