Berita

Penetapan Balon PAW Desa Samba Berlangsung Lancar

-

 

Lombok Utara.Ditaswara.com. Musyawarah Desa (Musdes) penetapan bakal calon (Balon) Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW) Desa Sambik Bangkol (Samba) Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Tahun 2021, Rabu (01/12/2021).

Musdes yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Samba dengan agenda penetapan bakal calon kades PAW setelah melalui tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual oleh panitia pemilihan.

Selanjutnya panitia akan menetapkan balon menjadi calon pada tanggal 8 Desember mendatang sesuai dengan jadwal tahapan Pilkades PAW.

Acara penetapan balon Kades PAW itu dihadiri unsur pemerintah Kecamatan Gangga, unsur Kepolisian Sektor Gangga, Pimpinan dan Anggota BPD Samba, Pj Kepala Desa Samba Sarjono,
Babhinkamtibmas Desa Samba, Panitia Pemilihan PAW, dan para Kepala Dusun serta tokoh masyarakat di Samba.

“Hasil penetapan nantinya menjadi calon yang akan dipilih oleh 99 orang pemilih dari 14 Dusun yang ada di wilayah Samba,” jelas Pj Kepala Desa Samba, Sarjono, kemarin.

Penjabat Kepala Desa Samba ini lantas menyampaikan apresiasi Pemdes Samba atas kinerja panitia Pilkades PAW dalam melaksanakan tahapan penjaringan sampai dengan penetapan calon kades antar waktu.

”Terima kasih atas kerja keras panitia Pilkades PAW Desa Samba sehingga tahapan-tahapan mulai penjaringan sampai penetapan calon kades antar waktu berjalan dengan baik dan kondusif,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Pj Kades Samba itu meminta semua pihak bersinergi satu dengan lainnya untuk mengawal proses Pilkades sampai selesai serta balon dapat tetap menjaga ritme demokrasi di aras desa dengan baik sesuai lokus dan tempusnya.

Kasubbag Komunikasi Pimpinan pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Lombok Utara ini mengungkapkan tokoh yang maju dalam PAW tahun ini adalah putra terbaik yang dimiliki Desa Samba. Mereka adalah putra desa setempat. Apalagi ini, katanya, Samba adalah desa pertama di Lombok Utara menghelat Pilkades PAW dan tahapan penetapan balon kades tersebut dapat melancarkan tahapan-tahapan selanjutnya.

Baca Juga :  Beredar Tudingan Politisasi Pembangunan Dam Mujur, HBK Tegaskan, Ini Murni untuk Peningkatan Taraf Hidup Petani

Sarjono pun berpesan siapa balon yang ditetapkan menjadi calon dan terpilih dalam musdes nantinya, dapat merangkul semua elemen masyarakat dan mampu membangun Desa Samba menjadi lebih baik dan maju.

Dikatakan pula bahwa resep ampuh kepemimpinan ada pada kemampuan mengakomodir semua pihak serta menjalin sinergi dengan seluruh stakeholder secara lindan berkelindan.

“Harapan kami pelaksanaan Pilkades PAW ini berjalan baik dan lancar sesuai dengan amanat regulasi, dipilih melalui sistem permusyawaratan untuk kemufakatan. Musyawarah mufakat ini tradisi luhur bangsa kita. Proses ini perlu sinergi dan dukungan semua pihak agar pilkades di tengah pandemi Covid-19 aman, lancar, sukses tanpa ekses dan sehat,”harap Pj. Kades Samba itu.

Dalam pada itu, Ketua Panitia Sukyadi, menuturkan kepanitiaan Pilkades telah bekerja sesuai peraturan yang berlaku. Mulai dari tahapan penjaringan hingga tahapan penetapan bakal calon hari ini (kemarin-red) yang akan mengikuti tahapan penetapan calon dan pemilihan melalui musdes nantinya.

Adapun hasil penetapan bakal calon kades PAW dalam berita acara dari 2 orang yang mendaftar dan keduanya lolos verifikasi administrasi yaitu Sajudin, S.Sos. dan H. Ropi’i.

“Setelah melalui tahapan-tahapan kedua orang ini kita tetapkan menjadi bakal calon kades PAW yang akan mengikuti tahapan penetapan calon dan berhak dipilih dalam musyawarah desa pemilihan PAW 19 hari kedepan,” pungkasnya. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *