BeritaPendidikan

Mahasiswi IAIH Pancor Juara 1 Nasional Lomba Tahfiz Seratus Hadits Bersanad

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Mahasiswi Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Hamzanwadi Pancor sabet juara 1 (satu) nasional lomba tahfiz seratus hadits bersanad di ajang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQNas) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMAPAI) se-Indonesia di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Sumatra Utara, sejak 12 sampai 26 Februari 2024.

Kegiatan lomba ini dimulai dari babak penyisihan sampai dengan babak final. Pada pelaksanaan MTQNAS HIMAPAI tahun 2024 bertemakan “Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Mahasiswa Dengan Spirit Al-Qur’an”.

Adapun cabang lomba yang diselenggarakan terkait dengan literasi tentang Al-Qur’an seperti Tilawah, Kaligrafi, Tafsir, hadits, Karya Tulis Ilmiah al-Qur’an dan lain-lain. Kegiatan MTQNAS tahun 2024 ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi dari berbagai kampus terkemuka di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), seperti UGM, UIN Malang, UIN Sumatera Utara, Politeknik Aceh, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan lain-lain.

Pelaksanaan MTQNAS HIMAPAI ini berlangsung secara hybrid (online dan offline) yaitu pada babak penyisihan perserta mengirimkan rekaman video ke penyelenggara untuk penilaian atau seleksi babak final, dan pada babak final peserta hadir mengikuti lomba secara (fisik) langsung di lokasi acara (Kampus Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Sumatera Utara).

Guna memaksimalkan talenta dan bakat mahasiswa-mahasiwi, IAIH Pancor mengirim dua orang mahasiswi sebagai peserta pada kegiatan bergensi pada lomba Tilawatil Qur’an dan lomba Tahfiz 100 Hadis Bersanad.

Dua utusan IAIH Pancor itu adalah Nea Azkiyawati (Semester II Prodi. PAI) untuk tilawah dan Himayatul Hotimah (semester IV Prodi. PBA) untuk cabang Tahfiz Hadis. Kedua mahasiswi ini adalah mahasiswi Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor. Pada tahapan lomba, 2 orang mahasiswi IAIH Pancor melalui babak penyisihan pada cabang Tilawah masuk dalam kategori 7 (tujuh) besar, dan untuk cabang Tahfiz Hadits masuk dalam kategori 3 besar.

Baca Juga :  Pemda Lotim dan Densus 88 AT NTB Berikan Bantuan Modal Usaha Kepada Keluarga Tersangka Tindak Terorisme

Pada puncak acara final, mahasiswi IAIH Pancor atas nama Himayatul Hotimah berhasil meraih juara 1 pada lomba Tahfiz 100 Hadits Bersanad dari seluruh peserta utusan Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Dekan Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor, Dr. Idawati kepada media mengatakan, partisipasi Mahasiswa-mahasiswi IAIH Pancor di ajang kompetisi MTQNAS seperti ini adalah syiar kampus dan juga partisipasi IAIH Pancor dalam upaya ‘Membumikan al-Qur’an’.

“Kegiatan ini juga menjadi media untuk mengidentifikasi dan menfasilitasi pembinaan dan pengembangan Mahasiswa mahasiswi berprestasi di Kampus IAIH Pancor,” ucapnya, Sabtu (2/3).

Lebih jauh, Dekan Fakultas Tarbiyah IAH Pancor menyampaikan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada semua pihak, para pembina/mentor, para kaprodi dan lain-lain yang telah membantu kelancaran proses kegiatan ini.

Sementara itu, Wakil Rektor IAIH Pancor, Dr. H. Abdul Hayyi Akrom, M.pd bersyukur atas capaian dan peraihan yang diperoleh salah satu mahasiswi IAIH Pancor pada kegiatan MTQNAS di Medan.

“IAIH Pancor akan terus memberikan pelayanan kepada mahasiswa-mahasiwi dalam rangka pengembangan bakat dan minat mereka selain melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah ada seperti UKM Bahasa Asing, UKM Riset, Pusat Studi Lingkungan, UKM Hamilul Qur’an dan lain-lain,” lanjutnya.

IAIH Pancor menilai ajang kompetisi seperti MTQNAS di Medan merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Selain itu untuk memberi kesempatan kepada mahasiswi yang berbakat, partisipasi ini juga menjadi bagian eksistensi IAIH Pancor sebagai salah perguruan tinggi di Tanah Air.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *