BeritaLombok TimurPendidikan

Kadis Dikbud Lotim Tegaskan Tidak Ada Pemotongan Anggaran Guru Honorer Hanya Penyesuaian Saja

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Kepala Dinas Pendidikan Lombok Timur, Izzuddin menegaskan bahwa tidak ada pemotongan anggaran guru honorer yang ada hanya penyesuaian saja dan telah berjalan kurang lebih lima bulan sejak bulan Agustus hingga saat ini.

Izzuddin menyangkal bahwa hal itu tidak ada istilah memotong yang ada hanya disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. “Kalo pemotongan itu kan dipotong kemudian digunakan untuk yang lain, ini hanya penyesuaian saja,” ucap Izuddin saat dikonfirmasi awak media, pada Senin ,(11/12).

Penyesuaian gaji honorer itu disebut Izuddin sudah diinformasikan terlebih dahulu melalui UPTD masing-masing. “Semua dibayar, namun jumlahnya disesuaikan yang diterima Rp450 ribu itu sebenarnya Rp500-600 ribu,” katanya.

Dituturkan pula, mengapa harus guru honorer yang harus disesuaikan gajinya karena plafon anggarannya sesuai dengan yang di NHPD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dan tidak bisa di otak atik. Adapun pos anggaran untuk honorer di JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) sudah sangat jelas, sedangkan sisa anggaran untuk honorer saat ini diungkapnya masih Rp3,8 Miliar dengan honorer berjumlah 1800 untuk SPK, sedangkan KK (kontrak kerja) sekitar 200-300 sekian orang. “SPK (Satuan Pendidikan Kerja Sama) itu disesuaikan Rp650 ribu menjadi Rp550 ribu,” ujarnya.

Lebih jauh kata Izuddin, bahwa tahun 2022 kemarin sebenarnya juga terjadi penyesuaian gaji honorer, sehingga dengan pengalaman tahun kemarin pihaknya melakukan penyesuaian lagi RTAPD. “Jadi ketika ada pengalaman tahun kemarin itu, kita di Dinas pemerintah penyesuaian lagi APBD. Tetapi kita maklumlah kondisi anggaran sehingga tidak tertulis,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Izuddin juga menyangkal bahwa tidak ada penambahan guru honorer di setiap tahunnya. “Gak ada penambahan guru honorer, yang ada itu direkomendasikan oleh bapak ibu guru kepala sekolah dan itu dibebankan di Pos,” Demikiannya.(ds2)

Baca Juga :  Musda Ke-V FKKD Lombok Timur Dilakukan Pemilihan Ketua Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *