BeritaPendidikan

IAIH Pancor Realisasikan Program KKN Nasional Hingga Luar Daerah Yang Berbasis Softskill

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor merealisasikan program nasional berupa kuliah kerja nyata (KKN) berbasis soft skill ke Provinsi Jawa Timur. Program ini menjadi bagian penting dari syiar kampus IAIH Pancor di Tanah Air.

Kegiatan KKN merupakan program akademik IAIH Pancor yang diselenggarakan setiap tahun. Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahwa di tahun 2024 ini pelaksanaan KKN dijangkau sampai keluar daerah, yaitu Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Bondowoso.

Sehingga IAIH Pancor menjadi kampus pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang meluncurkan program KKN Nasional ke Jawa Timur.

Dalam sambutannnya, Wakil Rektor III IAIH Pancor, Dr. H. Abdul Hayyi Akrom, M.Pd menyampaikan bahwa keberadaan IAIH Pancor sebagai kampus Islam pertama di NTB sangat penting untuk menunjukkan jati dirinya dan membuka banyak pintu kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat di berbagai tempat di Tanah Air, termasuk di Jawa Timur.

“Khusus KKN 2024 dengan lokasi di Jawa Timur ini berbasis soft skill dalam arti peserta KKN 2024 yang dikirim adalah mahasiswa mahasiswi yang punya berbagai talenta dan kualifikasi akademik tinggi. Prosesnya diawali melalui seleksi ketat calon peserta KKN 2024,” ucapnya di acara pelepasan peserta KKN terpilih ke Jawa Timur, berlangsung di Lapangan Kampus IAIH Pancor, Senin (19/2).

Mahasiswa-Mahasiswi yang terpilih adalah Rianto, Yosi Hendrawan, Baiq Yulia Siska, Titia Alinda, Nur Fadila Amalina, Lali Indah Suryani, dan Muhammad Zaenul Arifin.

“Di Antara keahlian yang dimiliki oleh adik-adik mahasiswa yang dikirim ke Jawa Timur adalah hafiz/hafizah al-Quran 30 juz, mengusai tilawah, dan mahir baca kitab,” lanjutnya.

Baca Juga :  Bupati Resmikan KTT dan Serahkan Dana KUR di Desa Pendua

Disebut bahwa fokus dan lokasi kegiatan mahasiswa mahasiswi program ini di pondok pesantren Darul Huda yang berada di Desa Dusun Gajas, Desa Pengarang, Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

“KKN Nasional ini menjadi bagian syiar nyata IAIH Pancor ke bebagai lapisan masyarakat di berbagi tempat di Indoensia. Tahun ini menjadi tahun pertama, dan Bondowoso Jawa Timur menjadi lokasi perdana pelaksanaan KKN nasional IAIH Pancor,” imbuhnya.

Sebanyak 410 orang mahasiswa dan mahasiswi KKN 2024 dilepas oleh Wakil Rektor IAIH Pancor, Dr. H. Abdul Hayyi Akrom M.pd.

Sebelum pelepasan dilaksanakan, Ketua panitia KKN 2024, Zaenul Hasan Qutbi, M.E dalam sambutannya menyampaikan, bahwa KKN 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana panitia memfasilitasi kegiatan KKN mahasiswa sampai ke luar daerah. Dari kegiatan ini, Qutbi berharap terjalin kerja sama berkelanjutan IAIH Pancor dengan berbagai lokasi KKN.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) IAIH Pancor, Zakaria, MA, berpesan kepada peserta KKN 2024 agar bisa membawa diri di lokasi KKN yang sudah ditentukan oleh panitia. “Peserta KKN 2024 agar memegang teguh moto kampus, yakni mengedepankan akhlak di lokasi KKN masing-masing,” pungkasnya.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *