BeritaLombok Timur

Disnakeswan Lotim: Kecamatan Lenek Akan Jadi Pilot Project Program Pepadu Desa

-

Penulis: Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lombok Timur mengatakan akan menjadikan Kecamatan Lenek sebagai pilot project dari program Pengembangan Peternak Terpadu Desa (Pepadu Desa) dalam upaya pengentasan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan sapi dan ternak lainnya.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakeswan Lombok Timur drh. Hultatang, saat ditemui media ini diruangannya, Kamis (15/5).

”Di Kecamatan Lenek semua Desanya tertarik (program Pepadu Desa). Sehingga rencana Lenek ini kita jadikan Pilot Project, Camat juga sudah komitmen dia kita akan bangun kawasan peternakan. Kita masih menunggu MOU ini,” ucapnya.

Meski harus menunggu, Hultatang mengungkap bahwa isi MOU tersebut adalah 10 Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Lenek sudah harus menganggarkan dana desanya di peternakan sekitar 25 persen. ”Tinggal kita sambut saja, kita bikin mekanismenya pilot project untuk Pepadu,” katanya.

Sejak awal program Pepadu ini disebut Hultatang memang tidak memiliki anggaran, pembuatan buku program Pepadu Desa pun menggunakan swadaya. Selain itu, menurutnya yang sulit ialah membangun sistem yang berjenjang.

Puskeswan kata dia, itu tidak ubahnya seperti puskesmas, di tindik dan dibuat jenjang pelayanan sampai ke desa. ”Nah, itu nanti kita bikin tersistem, kalau sudah tersistem siapapun Kepala Dinasnya, Kabidnya, atau orang-orang disana sudah ada sistemnya,” imbuhnya.

Program Pepadu Desa menurutnya salah satu langkah tepat karena bertujuan untuk memberikan panduan serta edukasi tentang penataan dan pengelolaan hewan ternak dengan baik. Melalui Pepadu dapat juga diterapkan secara terencana dan terpadu dengan melibatkan pemerintah desa.

”Karenanya perlu kolaborasi dengan semua pihak terutama pihak desa agar Pepadu Desa ini dapat berjalan, meskipun saat ini masih terkendala di anggaran,” demikiannya.(ds2).

Baca Juga :  Jika Terpilih Menjadi Pj Bupati Lotim Sekda Juaini Taofik Janji Melanjutkan Pembangunan Mall Pelayanan Publik Teruskan Program Sukma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *