Berita

CAMAT PRINGGASELA MEMINTA AGAR HUBUNGAN KEMITRAAN ANTARA BPD DAN KADES DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK.

-

Lombok Timur.Ditaswara.com.Camat Pringgasela Moh.Zulfan S.Pd berharap agar hubungan kemitraan antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD dengan Kepala Desa dapat berjalan dengan baik dan harmonis demi terwujudnya Pemerintahan Desa yang kuat dan transparan.
“Di harapkan hubungan kemitraan antara BPD dan Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pringgasela ini dapat berjalan dengan baik,sehingga Pemerintahan Desa menjadi kuat dan harmonis,” katanya pada acara rapat koordinasi bersama BPD dan Tim Pendamping Kecamatan dan lokal se Kecamatan Pringgasela di aula Kecamatan Senin (21/11).

Lebih lanjut dikatakannya,pada tahun 2023 ada dua desa yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa yaitu Desa Pringgasela Induk dan Desa Aik Dewa,di harapkan kepada Kepada Ketua BPD dan anggotanya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Salah satu tugas BPD dalam Pilkades tersebut adalah membentuk Panitia pemilihan Kepala Desa.
Oleh karena itu lanjut Zulfan pada Rakor kali ini untuk dapat menyampaikan terkait dengan situasi dan kondisi di desa khususnya hubungan kemitraan antara Kepala Desa dan BPD.
Sementara itu Ketua BPD Desa Jurit Baru M.Agus Setiawan SH yang juga Sekretaris Forum Persatuan anggota BPD seluruh Indonesia (FABDSI) Lombok Timur mengatakan,agar dalam Rakor ini akan ada tindak lanjut nya seperti adanya pelatihan bersama antara BPD dan Kepala Desa sehingga memiliki pemahaman yang sama dalam proses pelaksanaan pembangunan di desa.Karena selama ini terkesan hubungan kemitraan BPD dan Kepala Desa belum berjalan sebagaimana mestinya.
Hal senada di sampaikan oleh Ketua BPD Desa Rempung Rosiadi S.Pd,bahwa hubungan harmonisasi antara Kades dan BPD merupakan sebuah keharusan sebagaimana di amanatkan oleh peraturan yang ada.
“Hubungan harmonis tidak dapat berjalan dengan baik jika Kepala Desa itu sendiri tidak paham dan tidak mengerti tentang tugas dan pungsi BPD.Oleh karena itu saya mendukung diadakannya Bimtek bersama dengan Kepala Desa,” kata Rosiadi dengan nada tegas.
Ketua BPD Desa Jurit Rohani berharap,agar rapat koordinasi seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin untuk menyambung dan menjaga silaturrahmi antar BPD se Kecamatan Pringgasela dan juga dengan Pemerintahan Kecamatan Pringgasela. (ros)

Baca Juga :  Bupati Menjadi Pembina Upacara HAB Kementerian Agama Ke 77

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *