Berita

BPD DESA REMPUNG DI TETAPKAN 9 ORANG

-

LOMBOK TIMUR.Ditaswara.com. Pemerintahan Desa Rempung sudah mengetok palu bahwa jumlah anggota BPD desa Rempung priode 2021-2027 sebanyak 9 orang ,jumlah ini bertambah dua orang yang sebelumnya anggota BPD Rempung berjumlah 7 orang.Sebelum penetapan dilakukan,terjadi perdebatan antara peserta musyawarah pembentukan panitia pemilihan anggota BPD dengan penjabat Kades Rempung .

Pemerintah Desa Rempung yang awalnya bersikukuh untuk tetap memakai 7 orang dengan alasan karena keterbatasan anggaran dana desa,ahirnya menerima usulan anggota BPD menjadi 9 orang.

“Persoalan mendasar kenapa Pemerintah Desa Rempung ingin mempertahankan jumlah anggota BPD sebanyak 7 orang seperti semula,karena keterbatasan anggaran dana desa (ADD).Karena selama terjadinya wabah covid 19 ini terjadi pengurangan yang signipikan pada ADD,” kata Penjabat Kades Rempung Muhammad Hapipi.

Lebih lanjut dikatakan Hapipi,persoalan tunjangan bagi anggota BPD yang baru nanti ini menjadi dasar pertimbangan untuk tetap memilih jumlah anggota BPD 7 orang saja.Pengurangan ADD yang hampir mencapai angka 40 persen lebih membuat Pemdes kelimpungan untuk membiayai semua oprasional Pemdes. Itulah sebabnya pihaknya bertahan dengan melihat kondisi yang di rasakan sekarang ini,kalau harus di tetapkan anggota BPD 9 orang tentu konsekwensinya pada ketersediaan anggaran.

Terkait masalah anggaran salah seorang peserta musyawarah Azwar Hamid SH memberikan pemikiran bahwa masalah tunjangan BPD ini jangan di jadikan alasan untuk tidak menambah jumlah anggota BPD.Saat ini jumlah penduduk Desa Rempung di atas 5 ribu orang,sehingga secara aturan jumlah anggota BPD nya 9 orang.

Untuk masalah tunjangan BPD dengan bertambahnya anggota BPD desa Rempung dari 7 menjadi 9 orang sudah barang tentu akan menjadi pertimbangan pihak Pemkab Lombok Timur, yaitu dengan melihat jumlah anggota BPD yang bertambah tersebut otomatis dengan sendirinya anggaran untuk BPD bertambah.Intinya persoalan limitnya ADD hanya terjadi pada saat adanya covid-19,nanti kalau sudah selesai covid-19 pasti akan normal kembali.

Baca Juga :  Buktikan Janji Kampanye, HBK Salurkan Puluhan Ton Bantuan kepada Petani Bawang Sembalun

“Jadi jangan melihat kondisi saat sekarang,masa jabatan BPD cukup panjang sampai tahun 2027 sehingga pasti akan ada penyesuaian setelah wabah covid-19 ini berakhir,”kata Azwar.

Hal senada juga disampaikan oleh peserta musyawarah lain Drs Natsir Khair mengatakan,saat ini hampir di seluruh Indonesia terjadi pemangkasan anggaran,banyak anggaran yang tersedot untuk kegiatan penaggulangan covid-19.Untuk tunjangan anggota BPD yang baru nanti bisa saja diberikan separuhnya,atau jumlahhnya dipangkas sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada.

Dan yang paling utama saat ini adalah bagaimana anggota BPD yang terpilih nanti betul-betul orang yang mempunyai kemampuan duduk sebagai wakil masyarakat dan mampu membawa memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui program-program yang di tetapkan oleh Kepala desa bersama BPD nanti.

“Selama ini kinerja BPD menjadi sorotan masyarakat karena tugas dan pungsinya belum banyak di ketahui,kita berharap nantinya anggota BPD yang terpilih adalah orang yang berkwalitas,tidak sekedar duduk-duduk manis saja.Intinya anggota BPD yang terpilih harus lebih baik dari anggota BPD priode sebelumnya,”kata Natsir.

Terkait masalah tunjangan BPD ini pihak Pemdes Rempung nantinya akan memberikan pengertian pada anggota BPD yang baru dimana selama ada covid 19 terjadi penyesuaian jumlah tunjangan yang di terima,bila nanti kondisinya sudah normal di pastikan jumlah tunjangan akan normal juga.

Sementara itu peroses pembentukan panitia dari undangan yang hadir ternyata perwakilan dari unsur wanita tidak ada satupun yang hadir,padahal banyak unsur wanita dari masing-masing wilayah yang di undang.Setelah melalui musyawarah dengan menunjuk perwakilan dari masing-masing wilayah ahirnya di bentuk personil panitia pemilihan anggota BPD deas Rempung priode 2021-2027.

Komposisi panitia ini unsurnya ada dua yaitu dari unsur pemerintah desa sebanyak 3 orang dan dari unsur masyarakat 6 orang sehingga total jumlah panitia sebanyak 9 orang. Adapun komposisi panitia pemilihan BPD Desa Rempung 2021 Ketua Mustaan Suardi,Sekretaris Azwar Hamid SH,Bendahara Rukyal Aini dan anggota yaitu Ahmad Shafwatullah,Muzani,Rahmatullah S.Pd,Moh Amin S.Pd,Hamzanwadi dan Muazzin.

Baca Juga :  TIM SATGAS SABER PUNGLI LOTIM KEDEPANKAN UPAYA PENCEGAHAN TERHADAP ADANYA PUNGLI

Untuk keterwakilan anggota BPD dari unsur perempuan secara husus nantinya akan diadakan musyawarah husus yang di hadiri oleh kaum perempuan. Para perempuan inilah yang akan memilih siapa yang akan di tunjuk sebagai perwakilan mereka di BPD nanti.(and).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *