Berita

Badan Pelaksana Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark Gelar Workshop

-

 

Lombok Timur Ditaswara.com.Badan pelaksana Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark ( BP.RLUGg) menggelar workshop tentang pemberdayaan perempuan yang merupakan strategi penting untuk meningkatkan peran perempuan agar bisa meningkatkan potensi perempua untuk mandiri dan berkarya.

Kesadaran mengenai peran perempuan mulai berkembang dan diwujudkan dalam beberapa pendekatan program perempuan dalam pembangunan. Hal ini didasarkan pada satu pemikiran yaitu perlunya kemandirian bagi kaum perempuan, supaya pembangunan dapat dirasakan oleh semua pihak.

“Mengingat pentingnya hal tersebut, pada tahun 2021 ini Badan Pelaksana Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (BP-RLUGGp) berusaha untuk meningkatkan peran perempuan, melalui serangkaian kegiatan bertajuk “Workshop & International Seminar on Women and the Earth,” kata seorang panitia Fathul Rahman.

Lebih jauh dikatakan,event ini merupakan event kolaborasi antara Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (RL-UGGp) dengan Ikatan Ahli Geologi Indonesia Pengda NTB (IAGI Pengda NTB), Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram (STP-Mataram ), Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Komunitas SembaluNine, LSM Berugak Lombok, Dewan SDA, Komisi Irigasi NTB dan Komunitas Bike to Work Lombok.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran perempuan dalam upaya konservasi alam dan budaya. Semakin banyak perempuan yang terlibat dalam dalam pengelolaan sumber daya alam dan semakin banyak perempuan yang memiliki kapasitas yang handal dalam mendukung pengembangan geowisata di Kawasan Geopark Rinjani dan Kawasan Cagar Biosfer,”imbuhnya.

Event ini juga merupakan pre-event dari Geotourism Fest & International Conference 2021. Serangkaian kegiatan Workshop & International Seminar on Women and the Earth yang akan dilaksanakan pada 4-22 April 2021. Event ini dimulai dengan kegiatan Workshop tentang Digital Marketing pada tanggal 4 April 2021 yang berlokasi di Kopi Key Sembalun.

Baca Juga :  Akhiri Masa Kepemimpinan Bupati Lombok Timur dan Wakil Gelar Tasyakuran

Pada event ini ditargetkan peserta sebanyak 30 orang wanita dari UMKM di area Sembalun dengan berkerjasama dengan LSM Berugak Lombok, Diskominfotik dan STP Mataram. Narasumber dalam kegiatan ini juga tidak kalah menarik yaitu Supiandi dari Berugak Lombok dan Meria Octaviani dari Univ. Padjajaran. Event ini bertujuan untuk mendesain/mengepak ulang produk-produk UMKM serta produk-produk tersebut dapat terintegrasi dengan beberapa platform jualan online.

Pada tanggal 9-11 April 2021 dilakukan kegiatan Survey dan Diskusi tentang peran perempuan dalam pengembangan Geotrail Gumantar yang berlokasi di Desa Gumantar. Pada kegiatan ini ditargetkan peserta sebanyak 30 orang dari kepala Desa, AMAN KLU, Dispar Lombok Utara, TNGR, KPH Rinjani Barat, STP Mataram, Kepalakepala dari 5 dusun di Desa Gumantar, tokoh-tokoh ada.

Pada kegiatan ini diagendakan penanaman pohon pinang, survey geotrail/ eco trail dan lokasi-lokasi signboar, diskusi bersama stakeholders di Gumantar tentang pengembangan geotrail dan peranan perempuan dan ditargetkan untuk menyusun draf geotrail/ecotrail, penanaman 100 pohon pinang serta komitmen bersama untuk melibatkan dan meningkatkan peran perempuan dalam pengembangan geotrail di Desa Gumantar.

Pada 16-18 April 2021 dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Interpretasi Geowisata yang berlokasi di Geosite 9: Lembah Sembalun dengan target peserta 20 orang wanita dari komunitas di Kecamatan Sembalun.

“Even ini merupakan event kolaborasi dengan STP Mataram dan IAGI NTB sebagai pre event dari Geotourism Festival and International Conference 2021 dan bermitra dengan komunitas SembaluNina. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Rinjani-Lombok UGGp, STP Mataram, Himpunan Pramuwisata Indonesia (NTB), Ikatan Ahli Geologi Indonesia Pengda NTB serta didukung oleh Asia Pacific Geoparks Network and Hong Kong UNESCO Global Geopark,”terangnya.

Materi dalam training ini adalah Pengantar Geopark dan Geowisata, Peranan penting seorang pemandu wisata, Sharing Session dari Praktisi dan mitra, Mitigasi Bencana Geologi, Teknik Interpretasi Personal, Workshop dan Field Trip (latihan di lapangan). Target dalam kegiatan ini yaitu membentuk 20 orang pemandu wanita baru, tersusunnya 2 paket geowisata yang ramah untuk perempuan serta tersertifikasinya 20 orang pemandu wanita baru tersebut dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Lombok Timur Raih Juara 1 Kinerja Penurunan Stunting Se-NTB

Puncak rangkaian kegiatan Workshop & International Seminar on Women and the Earth yaitu Seminar Internasional tentang Wanita dan Bumi pada 21 April 2021 yang berlokasi di STP Mataram. Event ini merupakan Pre event dari Geotourism Fest & International Conference 2021 dan bagian dari kegiatan 2nd APGN Geoparks Week dengan target peserta 50 orang offline (maksimal 100 orang secara online).

Seminar ini akan dibagi menjadi 2 sesi (sesi pagi dan sesi siang) dengan narasumber menarik yang mempuni dalam bidangnya, yaitu Dr. Elaine YANG (Griffith University), Dr. Maulita Hutapea (Conservation International), Juraedah Dwi Anggraeni, ST., M.Sc. (Sekretariat Dewan SDA NTB), Bq Sri Mulya (Founder SembaluNina) & Sri Susanti (STP Mataram).

Kegiatan ini juga didukung oleh Asia Pacific Geoparks Network & Australia Global Alumni* dan terdapat hadiah menarik untuk 5 peserta terbaik yang menulis review (essay) di Instagram dan akan diumumkan di hari terakhir Geoparks Week Pada 28 April 2021.

“Target dalam kegiatan ini adalah terinformasinya100 peserta (offline dan online) tentang peluang, tantangan dan peran wanita dalam pengelolaan sumber daya alam 5 essay (terbaik) sebagai bahan kampanye, serta terdapat tindak lanjut dari kegiatan dalam waktu dekat,” pungkasnya.
Bagi yang berminat dapat menghubungi
Meli : +62 818-3658-84
Fathul : +62822-3687-7576
Habibi : +62813-3995-9209
Tiwi : +62 819-1774-9190 (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *