BeritaPendidikan

Apel HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional di SDN 1 Rempung Berlangsung Khidmat.

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi

Lombok Timur.Ditaswara.com. Apel peringatan Hari Ulang Tahun PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional di SDN 1 Rempung Kecamatan Pringgasela Lombok Timur berjalan dengan khidmat.Ratusan murid sekolah tersbut bersama semua guru mengikuti rangkaian kegiatan apel dengan penuh semangat dan disiplin.Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari Beberapa murid pilihan menjalankan tugasnya dengan baik seperti layaknya pengibar bendera yang dewasa dengan langkah yang tegap dan rapi.

“Atas nama pimpinan SDN 1 Rempung saya mengucapkan selamat ulang tahun PGRI ke 78 dan hari guru nasional tahun 2023,” kata Kepala SDN 1 Rempung Mawardi M.Pd mengawali pembacaan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI pusat .

Dalam sambutan tersebut lebih jauh dikatakannya,jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah) seperti yang dikatakan Bung Karno dimana PGRI berdiri 100 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang di tetapkan pada tanggal 28 Nopember 1945..Keberadaan PGRI menjadi garda terdepan dalam perjuangan membangun dunia pendiikan Indonesia dari keterpurukan,keterbelakangan,dan kebodohan akibat penjajahan. Keberadaan PGRI saat ini PGRI sebagai oraganisasi profesi guru,pendidik dan tenaga kependidikan telah tumbuh menjadi kekutan moral intlektual dalam memperjuangkan peningkatan harkat dan martabat anggotanya.

“PGRI memohon kepada pemerintah untuk tetap memberikan Tunjangan Profesi Guru TPG),dan memberikan kesempatan yang luas bagi guru untuk mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan yang berkeadilan seseuai dengan amanat Undang-undang guru dan dosen,” imbuhnya.

PGRI mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru ,pendidik,tenaga pendidikan,khususnya kepada guru honorer yang setia mengabdi dan mengajar sepenuh hati di sekolahnya masing-masing.

Setelah pelaksanaan apel,para murid memberikan ucapan selamat kepada semua guru yang ada di SDN 1 Rempung,beberapa orang guru tampak meneteskan air mata menerima ucapan selamat dari semua muridnya .Salah seorang guru Faizah S.Pd mengatakan,dirinya merasa terharu dan bangga dimana hari PGRI dan Guru ini masih di berikan kesempatan untuk mendidik anak-anak.Apalagi sudah puluhan tahun sejak menjad PNS selalu mengajar di klas 1 baik saat di Sembalun Bumbung sampai di SDN Rempung.

Baca Juga :  PKK KLU Rakor Bersama OPD Terkait Sinergikan Program

“Setiap hari berintraksi dengan muridnya ini memberikan hubungan fhisichologis seperti seorang ibu dan anak,karakter anak-anak yang berbeda menjadi tantangan tersendiri untuk memberikan bekal pendidikan awal yang baik saat masuk di bangku SD,” katanya.

Salah seorang murid SDN 1 Rempung Azra Naela mengatakan,dirinya merasa senang belajar di SDN 1 Rempung karena semua guru-gurunya baik dan selalu mengajarkan sifat disiplin,selain itu semuanya sabar untuk mendidik semua teman-teman di SDN 1 Rempung,Naela yang selalu mendapat rangking 1 ini bercita-cita menjadi dokter kelak. Hal yang sama di sampaikan oleh Anwar Qirom alias Thoriq salah satu murid klas VI B yang merasa nyaman saat belajar di SDN 1 Rempung karena semua guru selalu memberikan perhatian sepenuh hati dan selalu menunjukan senyum keramahan kepada semuanya.

“Kelak saya ingin menjadi TNI,karena TNI selalu menerapkan disiplin,” katanya.

Sementara itu Kepala SDN 1 Rempung Mawardi M.Pd menambahkan,sejak bertugas dari bulan Februari 2021 ada beberapa hal yang sudah di lakukan seperti melakukan pemagaran sekolah agar lingkungan sekolah menjadi aman,selanjutnya menata ruangan kantor guru dan Kepala sekolah sehingga terlihat lebih nyaman dan serasi dengan lingkungan yang ada.

“ Untuk hal pendidikan kita tanamkan sikap rasa disiplin sehingga setiap tanggungajawab yang di berikan baik untuk para guru dan murid dapat di laksanakan dengan baik,” katanya.

Dengan di terapkan disiplin yang baik akan dapat melahirkan prestasi,selama ini SDN 1 Rempung sudah banyak mendapatkan beberapa prestasi anatara lain di tahun 2022 menjadi juara 1 Festival Qasidah tingkat Kabupaten L:ombok Timur,juara 1 olyimpiade IPA dan matematika tingkat Kecamatan, di bulan Februari 2023 meraih 23 piala di acara NACT ke 13 di Narmada yaitu ajang kegiatan keperamukaan.

Baca Juga :  Hujat Lombok Timur Tersisa 40 Miliar, Pj Sekda Lotim: Karena Ada Gangguan di SIPD

“Semua prestasi ini berkat kerjasama semua guru dengan menerapkan disiplin yang tinggi,sehingga semua komponen yang ada di sekolah tetap semangat dan antusias sekali mengikuti semua jenis kegiatan,” pungkasnya.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *