BeritaLombok Timur

Akhir Februari, Menko Luhut Pandjaitan Akan Launching Piloting Pengembangan Rumput Laut di Teluk Ekas Lombok Timur

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Akhir Februari 2024 mendatang, dalam rangka launching proyek piloting pengembangan rumput laut di Teluk Ekas Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur akan diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj.) Bupati Lombok Timur (Lotim) H. M Juaini Taofik didampingi Pj. Sekda Lotim dan pihak PT. Sea Six, saat meninjau tempat industri Hilirisasi rumput laut di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru, Selasa (27/2).

Daerah selatan Kabupaten Lombok Timur selama ini memang terkenal dengan surga budidaya rumput laut. Dimana selama ini diketahui bahwa rumput laut ini dijual mentahnya ke daerah Surabaya Jawa Timur.

Kak Ofik, sapaan karib Pj. Bupati Lotim menyebut bahwa dirinya beberapa lwaktu lalu mengecek langsung hilirisasi budidaya rumput PT. Sea Six di Buleleng Singaraja, Bali. Dimana rumput laut basah langsung dimasukkan ke pabrik hingga menghasilkan beberapa olahan rumput laut seperti plastik dan pupuk.

“Saya sudah ke tempatnya pak Agus di Buleleng, disana itu rumput laut basah langsung dapat dimasukkan pabrik. Hingga akhirnya menghasilkan beberapa olahan dari rumput laut, seperti pupuk, plastik, dan disini akan besar lagi yaitu menghasilkan minyak dari rumput laut,” ucap Kak Ofik.

Dikatakannya hilirisasi ini memiliki dampak besar bagi pekerja dan proporsi dikejar total. Sehingga budidaya rumput laut masyarakat sekitar akan bergairah. “Tidak kalah pentingnya menurut saya adalah industri hilirisasi ini adalah yang dari hulu hingga hilirnya menjadi yang pertama di Indonesia,” jelasnya.

“InsyaAllah, nanti hari Kamis 29 Februari 2024 sudah ada kepastian bapak Menko Maritim dan Investasi Bapak Luhut Panjaitan akan meresmikan operasionalnya hilirisasi rumput laut di Ekas, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur,” imbuhnya.(ds2)

Baca Juga :  SELURUH DESTINASI WISATA LOTIM DI TUTUP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *