BeritaLombok Timur

Sekda Lombok Timur Evaluasi Kinerja 3 OPD Agar Lebih Gerak Cepat

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor ; Mustaan Suardi

Lombok Timur -Ditaswara.com. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Timur laksanakan apel bulan September yang dalam hal ini dipimpin langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Lombok Timur H.M. Juaini Taofik, yang berlangsung di halaman kantor Bupati, Senin (18/9).

Sekda Juaini Taofik pada giat tersebut menyampaikan informasi yang saat ini dihadapi oleh Pemda Lotim dan sekaligus mengevaluasi kinerja dari beberapa OPD. Pertama, Sekda mengevaluasi kinerja dari Inspektorat Lotim, disampaikannya bahwa sebelum melakukan rencana kerja anggaran (RKA), agar perlu melakukan revisi untuk pencegahan disamping melakukan inspeksi atau pengawasan sedang berlangsung. “Ketika bapak/ibu menemukan adanya bentuk penyimpangan segera lakukan tindak lanjut,” Ucap Sekda yang ditujukan untuk pihak inspektorat.

Adapun saat ini kata Sekda, Pemerintah melalui Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Lotim masih terus berupaya mewujudkan kemudahan usaha. Seperti yang diamanatkan dalam UU No. 11 tahun 2020 yang kemudian diganti UU No. 2 Tahun 2022 yakni tentang UU Cipta Kerja.

“Adapun salah satu program untuk mempermudah itu semua kita harus mengenal yang namanya Online Single Submission (OSS), artinya perijinan itu satu pintu hanya lewat DPMPTSP dan itupun jika sudah menggunakan aplikasi OSS ini,” jelasnya.

Dipaparkan Sekda, bahwa per tanggal 15 September terdapat sebanyak 7.980 investasi di kabupaten Lotim baik itu Penanaman modal asing ataupun pada UMKM. Adapun investasi terbanyak berada di Kecamatan Masbagik, yakni sebanyak 1.882 , Pringgabaya sebanyak 1.788, Selong sebanyak 1.099, Sikur sebanyak 755, dan kecamatan Aikmel sebanyak 758 dengan total perencanaan investasi sebanyak 2,15 Triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 28.285 orang.

“Sehingga dalam hal ini DPMTSP perlu berhati-hati dan bisa lebih mencermati indeks kepuasan masyarakat (IKM),” Pesan Sekda Taofik.

Baca Juga :  Djohan Minta Semua Satgas Saling Koordinasi Di Saat PPKM

 

Sementara itu, terkait kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lotim, Sekda mengatakan agar tidak berpuas diri dulu karena mendapatkan nilai terbaik dari Irjen Dukcapil. Pada kesempatan tersebut, Sekda meminta agar Dukcapil mencari warga yang jumlahnya tak kurang dari 34 ribu belum melakukan perekaman data untuk keperluan E-KTP. “Juga sosialisasi lebih lagi terkait aplikasi BAKSO kita,” harap Sekda.(aty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *