Berita

Rangkaian Kegiatan Hari Anak Nasional Di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2022

-

 

Lombok Timur.Ditaswara.com. Dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Lombok Timur ada beberapa kegiatan yang akan di laksanakan antara lain Pemenuhan Hak Anak Dengan Kegiatan
Penyerahan Bantuan Untuk Anak
Panitia pusat akan memberikan paket bantuan kepada anak-anak yang kurang beruntung yang sudah di data oleh petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur sekitar 200 anak setiap kecamatan yang akan dihadirkan pada acara puncak HAN 1 Agustus 2022 di setiap Kecamatan, sedangkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) hanya untuk satu keluarga di Kelurahan Sandubaya. Panitia Kabupaten memfasilitasi sasaran agar hadir di lokasi acara puncak HAN tanggal 1 Agustus 2022.
Layanan Pemenuhan Hak Sipil Anak
Pendaftaran akta Kelahiran dan Perekaman Pembaruan Data Keluarga (KK) akan di integrasikan dengan pelayanan ADMINDUK oleh Dinas DUKCAPIL setiap hari Minggu Pagi terutama tanggal 24 dan 31 Juli 2022 agar diumumkan kepada masyarakat luas, pada tanggal 1 Agustus 2022. Diharapkan ada pelayanan ADMINDUK anak di lokasi acara sesuai kebutuhan dan juga dapat dilakukan di semua UPTD DUKCAPIL di semua Kecamatan.
Layanan Kesehatan
Khitanan gratis dengan jumlah sasaran sekitar 10 anak setiap kecamatan dapat dilaksanakan mulai tanggal 24 s/d 29 Juli 2022 dan untuk kecamatan lokasi acara puncak (Kecamatan Selong) dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus Pagi di tempat acara. Kebutuhan operasional khitanan akan di bantu/fasilitasi panitia pusat sesuai ketentuan yang ada di panitia pusat.
Kegiatan layanan kesehatan lainnya yaitu pemeriksaan kesehatan anak oleh petugas dari PUSKESMAS setempat dengan sasaran anak-anak yang hadir pada acara puncak baik di semua kecamatan yang waktunya hampir bersamaan dengan acara permainan anak sambil menunggu acara inti melalui zoom. Sedangkan di lokasi acara puncak yang di Kabupaten diharapkan selain ada pemeriksaan kesehatan anak juga ada pemeriksaan mata/pemberian kaca mata jika diperlukan. Selanjutnya panitia pusat juga akan mengadakan/menyiapkan acara makan telur dan makan ikan bersama, sikat gigi dan cuci tangan bersama.
Anak Sehat Dan Kreatif Dengan Kegiatan :
Permainan anak tradisional (Kideng/bernyanyi lagu Sasak, Bakiak, Engklek) di 21 Kecamatan (Halaman/Kantor Camat) di Lombok Timur sebagai spot lokasi HAN tanggal 1 Agustus Pagi hari sebelum acara puncak dimulai dan di fasilitasi oleh jajaran Kementerian Sosial RI. Selain itu akan ada kunjungan anak luar NTB ke salah satu anak yang kurang beruntung di Lombok Timur yang sudah disiapkan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur.
Lindungi Anak
Dengan kegiatan kampanye sosial dengan materi : stop kekerasan anak, cegah perkawinan anak dan perkuat pengasuhan dalam keluarga dilaksanakan mulai 24 s/d 29 Juli 2022 akan di integrasikan dengan kegiatan yang ada di Dinas P3AKB melalui berbagai bentuk kampanye baik melalui media cetak, elektronik atau penyuluhan bentuk lain melalui khutbah Jum’at dan lain-lain. Bahan Kampanye dapat berkoordinasi dengan panitia pusat.
Acara Puncak
Yang semula akan dilaksanakan 30 Juli 2022, di tunda menjadi tanggal 1 Agustus 2022 dikarenakan tanggal 30 Juli bertepatan dengan hari besar agama Islam atau 1 Muharam. Acara akan mulai pukul 09.00 Wita dihadiri Ibu Menteri Sosial RI.
Acara puncak akan di hubungkan secara zoom di 4 Kecamatan di Lombok Timur yaitu Kecamatan Pringgabaya, Sembalun, Terara dan Jerowaru serta berbagai acara HAN di seluruh Indonesia termasuk acara anak menyapa Presiden dan harapan anak pada HAN 2022. Perlengkapan acara zoom dan lain-lain akan di fasilitasi panitia pusat. Panitia Kabupaten mengecek kapasitas kelengkapan peralatan.
Peserta yang hadir pada puncak HAN 2022 sekitar 200 anak di setiap Kecamatan dan di lokasi pusat acara sekitar 500 orang yang akan mendapat bantuan berasal dari Kecamatan Selong 200 anak dan 300 anak dari 6 Kecamatan yaitu Labuan Haji, Aikmel, Lenek, Sukamulia, Sakra dan Sakra Timur.
Diharapkan ada pameran hasil produksi UMKM dan lain-lain oleh Dinas terkait di Lombok Timur karena acara akan dihadiri oleh banyak pihak dari pusat dan daerah lainnya.
‘ Akan ada acara penyerahan bantuan di lokasi acara puncak dan 21 Kecamatan di Lombok Timur dilanjutkan dengan kunjungan lapangan (Sunatan, Anak Yang Kurang Beruntung, Rutilahu dan lain-lain).
Bentuk acara dan prosesi acara pusat akan di fasilitasi panitia pusat
Semua Kecamatan diharapkan dapat membantu penyiapan tempat acara dan meja kursi sesuai kebutuhan/kemampuan Kecamatan. Peralatan lain untuk Zoom di 4 Kecamatan terpilih dan lain-lain akan di bantu panitia pusat,” Kata Kadis Kominfo dan Persandian Lombok Timur DR. Fauzan .M.Pd. (ndk).

Baca Juga :  135 SISWA SMP SWASTA DI WISUDA TAHFIZ AL-QUR’AN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *