Berita

Pesona Alam Pancor Kopong (Goa Kopong) Di Tengah Maraknya Tempat wisata Di Lombok Timur.

-

Penulis: Buaty Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur.Ditaswara.com. Wisata alam Pancor Kopong (Goa Kopong) merupakan wisata alam yang tak lekang oleh waktu. Destinasi objek wisata Pancor Kopong menjadi salah satu pilihan wisata dari banyak nya wisata alam di Lombok Timur.
Rintik hujan disertai gemuruh, serta akses jalan turun kesini masih kurang memadai tak menyurutkan langkah wisatawan dari luar untuk berkunjung kesini. “Liat di medsos Instagram dan Facebook, Udah lama penasaran sama tempatnya dari 3 bulan lalu ingin kesini tapi baru kesampaian hari ini beneran masih alami banget ternyata” ungkap Atika dari Sukarema Suralaga.

Pemandangan yang asri nan indah mampu memanjakan mata wisatawan, kesejukan udara yang berhembus disekitar air terjun serta di dukung area persawahan yang subur dan pepohonan yang rindang. Tebing bebatuan, celah celah goa yang masih rimbun semak belukar, dan gemercik air mengalir menggiur mata wisatawan.
Pengunjung yang datang merasakan kesejukan air yang langsung jatuh dari tebing.Tak jarang pengunjung bertahan mandi dalam waktu yang lama sambil bercengkerama satu dengan yang lainnya.

Para pengelola wisata Pancor kopong kini menyediakan 3 kolam untuk menampung air yang jatuh dari tebing bebatuan dan goa yang mengalir, 2 kolam sediakan untuk Dewasa dan 1 kolam untuk anak dibawah 5 tahun.

Adapun akses untuk memasuki objek wisata Pancor kopong bisa melalui dua akses, yakni Dusun Pancor Kopong Baret kecamatan Masbagik dan Dusun Pancor Kopong Timur kecamatan Pringgasela.

Kepala Dusun Pancor Kopong Taufikurrahman S.pd sekaligus ketua Pokdarwis alam Pancor Kopong Pringgasela Selatan mengatakan ,seiring berkembangnya zaman saat ini sedang booming boomingnya mengembangkan wisata di kampung sendiri bersama Pokdarwis, sedikit demi sedikit kita mulai berbenah dan langsung meminta anggaran dana Desa, ” ” “Alhamdulillah Desa sampai sekarang luar biasa mensupport kami walaupun secara estafet. Semoga di tahun 2023 kita akan launching wisata Goa Kopong ini,” katanya.
Untuk saat ini warga yang datang di gratiskan dulu untuk pengenalan saja, yang penting bayar parkir dulu di atas biar kendaraan aman

Baca Juga :  BKPSDM Surati Kemenpan-RB Terakit Minimnya Formasi CPNS dan PPPK di Lotim

Alhamdulillah yang memiliki lahan di atas dapat membuat tempat parkir, pengelola dan pedagang lain yang disini dapat berjualan. Untuk kendalanya sendiri jalan turun naiknya yang masih belum memadai dan perlu penataan lebih baik sehingga memudahkan untuk membawa barang-barang dagangan dan para pengunjung.(aty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *