Berita

Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Santong Mulia, Telah Dimulai

-

 

Lombok Utara.Ditaswara.com -Pendaftaran calon kepala desa di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah dibuka. Sejumlah simpatisan tidak terjadi gesekan yang menimbulkan konflik antarwarga.
Al Ismai Zohri Kamiadi, Ketua panitia Pilkades Desa Santong Mulia mengupayakan pemilihan ini aman nyaman dan memilih dengan hati nurani. Dari pemilihan ini diharapkan lahir pemimpin yang baik dan mampu membawa Desa Santong Mulia yang baru berdiri ini ke arah yang lebih baik. “Karena Desa Santong Mulia ini adalah Desa baru berdiri berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Utara Nomor 10 Tahun 2020, maka saat ini butuh pemimpin yang mampu membawa desa ini sebagai peletak dasar yang mumpuni,”harapnya.

Minat menjadi calon kepala desa di desa Santong Mulia yang akan menggelar pilkades pertama di Kacamatan Kayangan tahun ini sangat tinggi. Buktinya, sejak hari pertama dibuka oleh Panitia Pilkades, sudah 2 (dua) orang putra terbaik Desa Santong Mulia mulai mendaftarkan diri. Al Ismai Zohri Kamiadi menyebutkan, kedua putra terbaik Desa Santong Mulia yang mendaftarkan diri di hari pertama dibuka adalah Misyadin, S.Pd asal Dusun Tukak Bendu, (Ahad, 8 Agustus 2021) Pukul 09.00 Wita, dengan diiringi oleh beberapa orang simpatisannya.
Kamiadi menyebut bahwa di hari pertama mulai dibuka pendaftaran, Kapolsek Kayangan Hadi Suprayitno berkesempatan hadir sekaligus menyampaikan Himbauan utk senantiasa menjaga Iklim Demokrasi yg santun dan damai serta selalu menerapkan Protokoler Covid-19. Kemudian, pendaftar berikutnya adalah Hendri Usman Susianto, A.Md asal Dusun Lokok Sutrang. Ia pun dengan diiringi beberapa orang simpatisannya pun hadir di sekretariat panitia pada pukul 14.30 Wita. Mewakili Kapolsek Kayangan, Bhabinmaspol Desa Santong Mulia Putu Sinarta mengarahkan kepada bakal calon agar selalu mengedepankan tata cara yang baik dalam proses demokrasi dan tentunya tetap menggunakan standar Protokoler covid-19.
Ketua BPD Desa Santong Mulia Abidin Tuarita, yang ditemui di Sekretariat Panitia Pilkades mengatakan, sangat mengapresiasi animo warga untuk menjadi kontestan di pilkades Desa Santong Mulia pertama tahun ini. Dia menyebutkan, di Kecamatan Kayangan ada 3 desa yang akan menggelar pilkades serentak pada 1 November 2021 mendatang. Antara lain, Desa Santong Mulia, Desa Kayangan dan Desa Pendua. Khusus di Desa Santong Mulia, ia berharap karena ini adalah Desa baru, jadi putra-putra terbaik desa yang berkompetisi sebagsi kontestan di Desa Santong Mulia ini, tentu yang mampu sebagai peletak dasar. “Dari kaca mata pandang para tokoh, tentu kita yakin yang sudah daftar maupun yang akan mendaftar berikutnya adalah memiliki kompetensi yang patut di banggakan. Insya Allah,”katanya.
Sesuai dengan tahapan Pilkades, dari data scidul Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kecamatan Kayangan Tahun 2021, untuk Desa Santong Mulia telah membuka pendaftaran penerimaan Bakal Calon Kepala Desa sejak tanggal 8 hingga 16 Agustus 2021. Pengumuman pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa telah dipasang di tempat-tempat strategis yang mudah diakses masyarkat.
Menurut Zaenulhadi, Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Santong Mulia, pendaftaran terbuka bagi setiap Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Utara Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.
Dikatakan, animo kontestasi putra terbaik Desa Santong Mulia untuk tampil mendaftar sebagai bakal calon Kepala Desa Santong Mulia pun dihari kedua dibuka, kembali mendatangi Sekretariat Panitia di Kantor Desa Santong Mulia, yakni Subiadi,SE asal Dusun Tukak Bendu. Berbeda dengan bakal calon yang mendaftar di hari pertama, masing-masing didampingi oleh beberapa relawan dan simpatisannya. Sedangkan Subiadi yang mendaftarkan diri di hari kedua,Senin 9 Agustus 2021 tidak banyak yang mendampingi. “Yang mendampingi, hanya beberapa orang saja, termasuk isterinya,”kata Sekretaris Panitia yang juga Plt.Sekdes Santong Mulia ini, seraya menambahkan, Subiadi hadir di Sekretariat Pilkades tepat pada pukul 09.30 Wita.
Bhabinkamtibmas Desa Santong Mulia Putu Sinarta, sebagai perwakilan kapolsek Kayangan menghimbau untuk menjaga lisan dan tulisan terutama dalam bermedia sosial agar suasana hangat demokrasi tetap terjaga dan dalam proses pilkades tentunya tetap menggunakan standar Protokoler covid-19.(eko).

Baca Juga :  IPEMI Dongkrak Perekonomian Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *