Berita

Monev Progres Percepatan dan Pengendalian Stunting Wilayah Kerja Kecamatan Pringgasela.

-

 

Lombok Timur .Ditaswara.com.Bertempat di Pasenggarahan Timbanuh Desa Pesenggarahan Kecamatan Pringgasela di adakan Monev Progres Percepatan dan Pengendalian Stunting Wilayah Kerja Kecamatan Pringgasela.Kegiatan ini di ikuti oleh lintas sektoral seperti UPTD P3AKB,KTU dan staf Fungsional PKB,Kepala Puskesmas PJ Program gizi,KUA dan UPTD Dikbud serta 10 Kades se Kecamatan Pringgasela.
“Kecamatan Pringgasela terdiri dari 10 wilayah desa binaan terbagi dalam 79 Kawil,luas wilayah 122,5 km,jumlah penduduk 63.609 ,jumlah Puskesmas dua,Polindes 10 dan kader Pos Yandu 395 orang,” kata Camat Pringgasela Moh.Zulfan S.Pd dalam laporannya Selasa ( 13/12).


Lebih jauh dikatakannya,upaya pencegahan stunting di awali dengan pembentukan Forum atau wadah diskusi yang terkait dengan stunting dengan membentuk tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kecamatan yang di bentuk di bulan Januari 2022.Kegiatan TPPS di mulai dengan sosialisasi tentang peran dan fungsi TPPS di tingkat kecamatan dan desa.
Selanjutnya untuk melancarkan peran TPPS di bentuklah Tim Pendamping Keluarga (TPK) di masing-masing desa dengan berkoordinasi dengan UPTD P3AKB.Adapun TPK ini bertugas untuk memantau memastikan calon pengantin ( Catin) untuk di dampingi oleh Tim TPK menjadi Catin siap nikah melalui Aplikasi Elsimil.Selanjutnya memastikan mendampingi ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal selama masa kehamilannya,mendampingi Ibu nifas mendapatkan pelayanan masa nifas,pengasuhan bayi dan yang lainnya.
“Tim TPK terdiri dari 3 unsur tenaga kesehatan bidan atau perawat,PKK desa dan Kader KB menjadi satu tim.Jumlah TPK 53 tim dengan jumlah total 153 orang,” imbuhnya.
Kegiatan lain yang dilakukannya yaitu pencegahan stunting Optimalisasi Posyandu konvensional menjadi Pos Yandu Keluarga yang jumlahnya 97. Pembentukan Kampung Keluarga Berencana yang sekarang berubah menjadi kampung berkwalitas.Ada dua kampung KB yang sudah berjalan baik yaitu Kampung KB Dua Dara di Desa Aik Dewa dan Majanubil Ilmi Desa Rempung dan ada satu Kampung KB Kencana di Desa Pengadangan.
Adapun kegiatan yang di lakukan di Kampung KB adalah kegiatan optimalisasi 8 fungsi keluarga pembentukan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang sudah berjalan di Kampung KB Dua Dara Desa Aik Dewa. Kegiatan-kegiatan lain yang ada di kampung KB adalah pembinaan keluarga dalam bentuk Kelompok Kegiatan yaitu Poktan bina keluarga Balita BKB,Poktan Remaja.
Adapun laporan e-PPGBM (Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) priode Agustus 2022 angka Stunting Kecamatan Pringgasela yaitu 16,89 persen.
Hadir juga dalam kesempatan ini Ketua TP.PKK Lombok Timur,Kadis PMD,anggota DPRD Propinsi NTB dan undangan lainnya. (ndk).

Baca Juga :  Optimalkan Retribusi Pasar, Bank NTB Syariah Tawarkan 2 Alternatif Sistem Berbasis Online Ke Pemda Lombok Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *