Berita

Festival Gerabah di Hadiri Gubernur Dan Bupati.

-

 

Lombok Timur.Ditaswara com .Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur bersama beberapa kepala Dinas menghadiri Festival Gerabah yang diadakan Karang Taruna Masbagik Timur.

Ketua panitia Festival Gerabah Juliandi S.Pd mengatakan dulu pengrajin gerabah di Masbagik Timur berjumlah sekitar
2400 orang ,setelah bom Bali tersisa sekitar 1400 orang.
” Dengan festival ini diharapkan kembali gerabah menjadi unggulan desa Masbagik Timur,dan akan menjadi bagian dari kalender event tiap tahun,” katanya.

Menurut ketua panitia,, Festival ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Masbagik Timur. Festival ini diawali dengan jalan sehat yang diikuti sekitar 800 warga Masbagik Timur.

Sementara itu Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy mengatakan, saat ini di Lombok Timur hampir di semua desa mengadakan festival menjadi ciri khas masing-masing desa. Saat ini tidak ada satupun masyarakat Lombok Timur yang terkena omicron, sehingga semua boleh mengadakan aktivitas festival.
” Pemda Lombok Timur telah berikhtiar mengajak para pengrajin mengadakan pameran, termasuk pengrajin gerabah. Ikhtiar pemda juga melalui Dinas Kominfo, sekitar 370 UMKM diberikan internet gratis untuk memasarkan produknya, melalui program BAKTI bersama kementerian Kominfo,” katanya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyatakan, bahwa Bupati Lombok Timur adalah salah satu bupati terbaik di NTB. Beliau selalu memberikan motivasi kepada masyakarat. Adanya Festival ini juga jangan sampai festivalnya saja yang sukses tetapi omzetnya tidak meningkat.

” Sudah diperintahkan kepada Kadis Perdagangan, minimal ada kegiatan yang kongkret, mencarikan akses pasar yang baru. Dinas perdagangan perlu memberikan jawaban gerabah Masbagik pasarnya di mana, permintaannya seperti apa. Dinas perdagangan harus lebih lincah berinovasi mencari pasar yang baru,” Katanya.

Di tambahkan Gubernur,saat ini harus bisa mendefinisikan gerabah itu untuk apa, apa hanya dipakai ibu-ibu di dapur, atau dipakai cendramata atau hiasan ruangan. Salah cara mendefinisikan maka akan salah sasaran pasarnya,pungkasnya.(ndk).

Baca Juga :  RADEN NURJATI KEMBALI DILANTIK SEBAGAI PEJABAT SEKDA LOMBOK UTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *