BeritaLombok Timur

Dinsos Lotim Sambut Hangat Kedatangan Puluhan Penyandang Disabilitas, Beri 37 Alat Bantu dan Nutrisi

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor: Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Dalam rangka momentum Hari Ibu, Hari Kesetiakawanan Sosial dan Hari disabilitas Internasional, Dinas Sosial (Dinsos) Lombok Timur memberikan bantuan kepada puluhan penyandang disabilitas yang datang langsung ke kantor Dinsos di lantai 4 Kantor Bupati, Jumat (22/12).

Sebanyak 25 penyandang disabilitas yang rata-rata berasal dari sekolah luar biasa (SLB) Lombok Timur diberikan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, dan tongkat putih elektrik untuk tunanetra.

Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, Suroto mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk tanggung jawab Dinsos kepada masyarakat, dimana penyerahan bantuan itu juga merupakan bentuk kerja sama dengan Sentra Paramita Kemensos Mataram.

Total keseluruhan disabilitas yang diberikan bantuan sebanyak 50 anak dengan rincian 37 alat bantu dan selebihnya merupakan nutrisi. “Ada yang tidak bisa datang ke sini (kantor Dinsos, red) karena jauh dan itu akan kita antar langsung hari ini dan besok, dan untuk yang datang ke sini berasal dari sekitaran Kecamatan Selong,” ucap Suroto.

Selain itu, disebut pula bahwa untuk keperluan disabilitas yang menjadi kendala utama Dinsos saat ini adalah tidak semua disabilitas terdata di desa. Sehingga kedepannya diharapkan semua penyandang disabilitas bisa terdata di semua desa yang ada di Lombok Timur agar mempermudah pihak Dinsos untuk merencanakan program dan kegiatan untuk kelompok disabilitas.

“Terutama usia anak dan remaja agar bisa mengakses pendidikan dan akses bansos yang lain. Dan lansia juga tetap kita prioritaskan,” tambahnya.

Lebih jauh, Suroto juga mengharapkan partisipasi dari semua pihak agar hak hak dari disabilitas bisa sepenuhnya diberikan tanpa kendala apapun.

Di tempat berbeda, seorang wali dari penyandang disabilitas asal Pringgasela Selatan, Adah mengatakan bahwa dirinya beryukur bisa melihat anaknya dapat mengenyam pendidikan di SLB dan berterimakasih kepada pihak Dinsos atas bantuan yang diberikan.

Baca Juga :  RINGKASAN PERUBAHAN APBD YANG DI KLASIFIKASI MENURUT KELOMPOK DAN JENIS PENDAPATAN BELANJA DAN PEMBIAYAAN TAHUN ANGGARAN 2022 Bagian ke 21

”Alhamdulillah sekali anak saya Izati bisa mengenyam pendidikan di SLB Selong meski dengan keterbatasan dan anak saya dikasih alat bantu pendengaran. Terimakasih Dinas Sosial,” Tutupnya.(ds2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *