Berita

Bupati Lepas Penyu dan Tanam Pohon Ketapang Kencana di Pantai Sedayu Gondang

-

 

Lombok.Utara Ditaswara.com .- Dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-76 RI dan HUT ke-13 Kabupaten Lombok Utara, Ikatan Mahasiswa Gondang Lombok Utara menggelar Pelepasan Penyu dan Penanaman Pohon serta Pembersihan Pantai yang dihadiri oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH di Pantai Sedayu Desa Gondang Kecamatan Gangga
(28/8/2021). Hadir pula membersamai bupati, Ketua PKK KLU Hj Galuh Nurdiyah, Wakapolres Lotara Kompol Setia Wijatono SH, Plt Kadis Dukcapil KLU sekaligus Sekretaris Panitia HUT ke-76 RI dan HUT ke-13 KLU Tresnahadi SPt, Kapolsek Gangga AKP Remanto SH Kepala Desa Gondang Supriadi S .Sos. Pada acara tersebut hadir pula unsur Komunitas Tionghoa Lombok, Pengurus dan Anggota Ikatan Mahasiswa Gondang, para Kadus, unsur masyarakat serta tamu undangan lainnya.

 

Bupati Djohan berterima kasih kepada Ikatan Mahasiswa Gondang yang telah menginisiasi rangkaian kegiatan puncak peringatan HUT RI dan HUT KLU berupa peduli lingkungan dengan penanaman, penanaman, serta bersih pantai yang berjalan dua bulan.

“Sebagai kepala daerah, saya berterima kasih. Inilah yang kita inginkan. Generasi muda yang berkreasi berinisiatif melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi pembangunan di daerah kita ini,” tuturnya.

 

Keikutsertaan masyarakat dan para generasi muda dengan kreasi dan inisiasi mendukung pembangunan pembangunan di suatu daerah. Pemerintah daerah tidak dapat melaksanakan pembangunan sendiri, apalagi Lombok Utara dengan potensi keindahannya, bisa menjadi obyek pariwisata sebagai penyumbang PAD paling banyak.

“Tanggung jawab kita semua anak-anakku dan para generasi muda memelihara kondis lingkungan ini. Mari kita melakukan, menjaga kelestarian lingkungan, lingkungan yang asri untuk daerah kita Lombok Utara,” imbuhnya.

Kegiatan dengan 300 sebelumnya anak Penyu (Tukik), di tempat lain, telah mengunjungi 700 ekor, dari partisipasi masyarakat dan generasi muda Lombok Utara.

Baca Juga :  Hujat Lombok Timur Tersisa 40 Miliar, Pj Sekda Lotim: Karena Ada Gangguan di SIPD

“Saya imbau pada generasi muda dukung pemerintah seutuhnya, dukung apa yang diprogramkan daerah sehingga dalam waktu yang tidak lama pembangunan segera terwujud dengan baik,” harapnya.

Dijelaskannya, pembangunan daerah hingga saat ini belum bisa optimal, mengingat kendala pembiayaan, akibat adanya pandemi Covid yang melanda dunia hingga daerah seperti Lombok Utara. UMKM terpuruk, APBD PAD menurun signifikan.

“Covid ini tampak tidak tapi nyata nyata. Banyak yang sudah terpapar di Lombok Utara. Hari ini (28/8/2021) masih berkisar 20 orang yang terkonfirmasi positif. Mari kita bekerja, bersama mencegah Covid-19,” ujarnya.

Selain itu pula, Bupati Djohan menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Komunitas Tionghoa yang dihajatkan bagi anak yatim dan warga miskin. fasilitas dalam jumlah terbatas, tapi pasti bermanfaat. Berpartisipasi ikut membantu menanggulangi masalah ekonomi masyarakat.

Dalam hal itu, Ketua INTI NTB dari Komunitas Tionghoa Lombok S Wijanarko menambahkan bahwa kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh lingkungan hidup akan aman dan tidak akan terjadi pada anak cucu. Nantinya dapat terpelihara dengan baik dan memberi dampak pada kehidupan yang lebih baik.

“Adanya kegiatan sosial dan lingkungan dapat berdampak nyata. Semoga Covid bisa cepat berlalu, dan kita bisa hidup normal kembali. Membangun negara dan daerah di segala bidang termasuk ekonomi masyarakat dan pembangunan pesat menuju Indonesia yang tangguh dan tumbuh,” urainya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada empat perwakilan Kadus di Desa Gondang untuk disalurkan kepada yang berhak serta pembagian hadiah Lomba Mural dan Bersih Kampung Sehat. Kegiatan diakhiri dengan pelepasan Penyu (Tukik) untuk kelestarian biota laut dan Penamanan Pohon Kencana yang cocok tumbuh di pesisir pantai, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (wd)

Baca Juga :  Wujudkan Lotim Berkemajuan, Pj. Bupati Sebut Puasa Ramadhan Tidak Menjadi Alasan Pengganggu Kinerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *