Lombok Timur

6 Objek Wisata Alam Terbaik di Pringgasela Lotim yang Dapat di Kunjungi Saat Liburan

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi 

Lombok Timur’.Ditaswara.com.Pulau Lombok merupakan pulau yang tak kalah indah dengan pulau Dewata Bali. Pulau Lombok juga memiliki berbagai pesona keindahan alam, laut dan budaya. Pulau Lombok sendiri terbagi menjadi 4 kabupaten yakni kabupaten Lombok Utara (KLU), Lombok Barat (Lobar), Lombok Tengah (Loteng), Lombok Timur (Lotim) dan satu ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Kota Mataram.

Setiap Kabupaten memiliki daya tarik wisata tersendiri, dan salah satu yang akan kita bahas disini adalah wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Khususnya di Kecamatan Pringgasela, yang memiliki banyak pesona keindahan lokasi wisata.

adapun 6 rekomendasi Objek Wisata Alam yang patut kamu coba di Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur;

1. Wisata Air Terjun Semporonan (Air Terjun Sempurna)

Air Terjun Semporonan terletak di dusun Semporonan Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), dengan aliran air yang mengalir di lembah yang sempit, sehingga mengalir ke sebuah sungai kecil yang penuh dengan bebatuan. Air yang jernih didampingi udara yang segar dan sejuk, serta dikelilingi oleh pemandangan alam yang hijau nan subur, membuat Air Terjun Semporonan ini dapat menjadi pilihan wisata untuk diperhitungkan untuk kamu kunjungi.

2. Wisata Alam Aik Leong (Sleong)

Aik Leong (Sleong) adalah salah satu wisata alam yang terletak di Dusun Batu Tepong Desa Timbanuh Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. Aik Leong Berada di bawah kaki gunung Rinjani sehingga suasana sejuk khas pegunungan sangatlah terasa. Aik Sleong memiliki perosotan bebatuan alami dengan air mengalir yang bersumber dari gunung Rinjani sangatlah terasa sejuknya.

Berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Selong atau jika menggunakan motor hanya 45 menit dari Kota Selong. Adapun fasilitas yang tersedia yakni beberapa berugak, taman bermain, tempat berbelanja yang memadai dan lahan parkir yang aman.

Baca Juga :  Sukiman Lepas Secara Resmi Tenaga Magang ke Jepang

3. Wisata Alam Mayung Polak

Air Terjun Mayung Polak, terletak di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. air terjun Mayung Polak ini masuk dalam kawasan TNGR yang memiliki pesona mengagumkan yang masih jarang diketahui. Pesona air terjun yang indah mampu memanjakan mata dengan lokasi yang terletak di antara celah pegunungan hingga pemandangan alam memukau dengan warna hijau alami pepohonan, dan mampu memberikan sensasi tersendiri dan mendatangkan rasa tenang. Adapun untuk sampai dilokasi ini kita harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 20-30 menit mulai dari gerbang TNGR kawasan Timbanuh.

4. Wisata Alam Air Terjun Pancor Kopong

Air terjun Pancor Kopong memiliki pemandangan yang asri nan indah mampu memanjakan mata, kesejukan udara yang berhembus disekitar air terjun serta di dukung area persawahan yang subur dan pepohonan yang rindang. Tebing bebatuan, celah celah goa yang masih rimbun semak belukar, dan gemercik air mengalir menggiur mata. Pengunjung yang datang dapat merasakan kesejukan air yang langsung jatuh dari tebing. Tak hanya itu, Air terjun Pancor kopong juga menyediakan 3 kolam untuk menampung air yang jatuh dari tebing bebatuan dan goa yang mengalir, 2 kolam sediakan untuk Dewasa dan 1 kolam untuk anak dibawah 5 tahun.

Adapun akses untuk memasuki objek wisata Pancor kopong bisa melalui dua akses, yakni Dusun Pancor Kopong Baret kecamatan Masbagik dan Dusun Pancor Kopong Timur kecamatan Pringgasela.

5. Wisata Alam Pancor Datok

Wisata alam satu ini terletak di dusun Aik Kelep Desa Aikdewa Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. Dengan kolam ukuran 25×10 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter berlapis keramik, serta pancuran air yang dapat digunakan untuk merelaksasikan badan. Kolam inipun dibuat di atas tebing setinggi 20 meter. Pada bagian kanan kolam itu pun terdapat tebing setinggi 10 meter sebagai dinding kolam.

Baca Juga :  Hasil Verifikasi Administrasi Dokumen Bacaleg, KPU Lotim Sebut Kebanyakan Parpol Belum Lengkap Administrasinya

Tak hanya itu, kawasan wisata satu inipun sangatlah murah meriah, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.1.000 untuk kategori anak-anak dan Rp. 2.000 untuk kategori dewasa. Tempat ini juga difasilitasi tempat parkir yang aman.(aty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *