BeritaNTB

SERAH TERIMA SANTRI BARU DI PONPES ULIL ALBAB NW

-

LOMBOK TIMUR.Ditaswara.com.Tradisi acara serah terima santri di Pondek Pesentren Ulil Albab di Dusun Gege’ Desa Perian Kecamatan Montong Gading merupakan Sunnatan Hasanah (tradisi baik) yang sampai sekarang terus di pertahankan.Para wali santri ramai mengantarkan putra-putrinya masuk di Ponpes sebagai bertanda di mulainya proses untuk menuntu ilmu.
“Tradisi seperti ini terus di pertahankan sampai sekarang dan ini merupakan cara yang di terapkan oleh Maulana Syaikh TG.KH.Zainuddin Abdul Majid,kegiatan ini sebagai pertanda akan di mulainya proses pendidikan di Ponpes,” kata Ketua Panitia HL.Budikaryawan di Ponpes Ulil Albab,Rabu (13/7).

Lebih jauh di paparkan,jumlah santri yang sudah mendaftar di Ponpes Ulil Albab sebanyak 472 orang santri baru,yang terdiri dari 251 orang santri dan 221 orang santriwati. Sebagai puncak kegiatan serah terima santri langsung dihadiri oleh para wali santri yang datang dari berbagai wilayah yang ada di Kecamatan Montong Gading maupun daerah lainnya.
Sementara itu dalam acara serah terima santri tersebut hadir pula Kepala Dinas Sosial Lombok Timur H.Soeroto yang mewakili Bupati Lombok Timur,dalam sambutannya mengatakan,Pemerintah bersyukur dan berterima kasih kepada para Tuan Guru yang dengan semangat luar biasa,tetap istiqomah,sabar dan ihlas mendidik dan menyiapkan generasi melalui dunia pendidikan yang ada di Pondok Pesenteren.
“Seandainya tidak ada Ponpes dan madrasah yang di inisiasi oleh para Tuan Guru,maka berapa banyak anak-anak kita akan kesulitan untuk memperoleh pendidikan,keberadaan Ponpes dan madrasah sampai ke pelosok dusun dan desa mempunyai peran penting untuk mencerdaskan anak bangsa,dan juga memberikan andil besar meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lombok Timur,”kata Soeroto.
Oleh karena itu lanjutnya,sebagai ungkapan rasa syukur,pemerintah memberikan perhatian khusus dengan mengucurkann bantuan melalui BOS.BOP.KIP,dan selain itu juga ada beasiswa 1000 tahfidz setiap tahun di berikan serta bantuan jenis yang lainnya. Pemerintah Lombok Timur secara bertahap akan memberikan bantuan dan perhatian sesuai dengan kemampuan daerah,pungkasnya.(ndk).

Baca Juga :  Pesona Alam Pancor Kopong (Goa Kopong) Di Tengah Maraknya Tempat wisata Di Lombok Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *