BeritaPendidikan

Kementerian Desa Berikan Literasi Digital Smart Kids dan Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa Mts dan MA NWDI Rempung

-

Penulis : Buati Sarmi

Editor : Mustaan Suardi

Lombok Timur – Ditaswara.com. Pelatihan Literasi Digital Smart Kids di gelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah dan Tertinggal Transmigrasi RI, dengan mengangkat tema Belajar Cerdas dan Seru Dengan Smart Gedget, berlangsung di Mts dan MA NWDI Rempung, pada Kamis (14/12).

Kegiatan Literasi Digital Smart Kids tersebut di fokuskan untuk pelatihan jurnalistik kepada siswa siswi terpilih di MA dan Mts NWDI Rempung agar dapat membuat berita khususnya terkait Desa Rempung.

Kepala Sekolah MTs dan MA NWDI Rempung, Sabri SS menyampaikan terimakasih kepada semua yang terlibat dalam pelatihan Literasi Digital tersebut. Di era digital saat ini, ia berharap para siswanya mendapatkan informasi penting lebih awal dan tidak tertinggal.

“Masa saat ini, masa yang penuh dengan digital ,masa yang penuh dengan aplikasi aplikasi. Insyaallah manakala kalian ikuti kegiatan ini dengan baik dan sebenar benarnya kalian tidak akan ketinggalan dari segi informasi,” Ucapnya.

“Karena yang paling kita khawatirkan masa saat ini adalah lemah dari segi ilmu pengetahuan, khususnya informasi,” sambungnya.

Duta Digital Lombok Timur, Munawir Fahmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa desa cerdas adalah desa yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui ketetapan literasi dan pemanfaatan kesejahteraannya, sehingga mampu menjawab berbagai permasalahan yang ada di desa untuk membangun desa itu sendiri.

“Jadi melalui ketetapan literasi pelatihan jurnalistik dan smart kids ini adalah salah satu cara Pemerintah pusat membantu desa untuk berkembang,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa mengapa pihaknya memilih anak usia sekolah pada kegiatan literasi ini, karena usia mereka saat ini adalah sedang produktif dan semangat dalam menulis.

“Kalian dapat mulai menulis di akun media sosial kalian potensi potensi positif yang dapat kalian tulis,” pesannya.

Baca Juga :  PISAH KENAL DENGAN KETUA PA SELONG

Melalui pelatihan jurnalistik ini, Fahmi berharap para peserta dapat membangun dan mempromosikan desa Rempung.

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Rempung Muzanni, mewakili Kepala Desa Rempung mengapresiasi kegiatan ini, serta menyampaikan bahwa program desa cerdas ini dari 239 desa di Lotim hanya terpilih 20 desa, termasuk desa Rempung mewakili Kecamatan Pringgasela.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Muzanni berharap para peserta mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat di kehidupan sehari-hari.

Di hari pertama pelatihan jurnalistik sebagai pemateri Mustaan Suardi seorang jurnalis dan sekaligus pimpinan Redaksi median online Ditaswara. com, dengan materi pelatihan Pengertian Jurnalistik secara umum, termasuk kode etik Jurnalistik dan pentingnya Jurnalistik di lingkungan pendidikan seperti di Mts/MA.

Untuk hari kedua Jumat (15/12) pameteri akan di sampaikan wartawan senior H. Rianto Rabbah yang saat jadi pimred Media online Duta Selaparang, yang akan menyampaikan materi pelatihan tentang Cara Menulis berita sesuai dengan kaidah 5 W, 1 H, jenis-jenis berita dan kaidah- kaidah berita dan di lanjutkan dengan praktek cara menulis berita.

Pelatihan jurnalistik untuk siswa MTs dan MA NW Rempung ini di ikuti oleh 30 orang siswa.

Turut juga hadir pada giat tersebut,  Bhabinkamtibmas, Babinsa, Duta Digital Lotim, Kawil se Desa Rempung,Kader Digital, Relawan Digital, dan peserta literasi digital serta mahasiswa KKN Undikma Mataram. (ds2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *