Berita

FESTIVAL BUDAYA DONGDALA 2 “LENTERA KEBERAGAMAN BUDAYA”

-

 

Lombok Timur.Ditaswara.com.Seiring perkembangan waktu, teknologi, dan informasi serta kurangnya minat dan perhatian para pemuda terhadap seni dan budaya asli Desa Pringgasela Selatan yang mestinya kita lestarikan kini tenggelam di tengah-tengah begitu kuatnya arus budaya asing yang masuk hihngga ke pelosok-pelosok desa. Pergeseran adat dan budaya tampaknya telah merubah wajah anak-anak negeri yang lebih memilih budaya asing untuk mereka banggakan. Melihat kondisi dan fakta tersebut pantas kiranya kita memberikan perhatian lebih terhadap permasalahan tersebut dan inilah yang menjadi latar belakang kami sebagai kelompok pengelola desa wisata dan budaya Pringgasela Selatan yang akan menyelenggarakan kegiatan festival budaya desa yakni “Dongdala Budaya Pringgasela Selatan”. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam memperkenalkan budaya yang ada di Desa Pringgasela Selatan, bahkan tidak menutup kemungkinan kegiatan ini menjadi cikal bakal untuk diadakan rutin setiap tahunnya.

Adapun tema kegiatan “Festival Dongdala Budaya Desa 2” ini adalah “LENTERA KEBERAGAMAN BUDAYA”. Artinya bahwa Desa Pringgasela mempunyai budaya yang kuat, unik, dan sangat beragam. Lentera atau cahaya dimaknai dengan pemuda Desa Pringgasela Selatan yang akan selalu meneruskan dan mewarisi budaya yang sangat beragam di 7 kewilayahan Desa Pringgasela Selatan. Disamping itu kegiatan ini akan menjadi jembatan untuk mulai menumbuhkan kepedulian terhadap budaya yang ada di Desa Pringgasela Selatan sehingga tetap dapat dilestarikan oleh generasi yang akan datang.

Icon Festival Dongdala sendiri diambil dari kata “Dongdala” yang berarti “Pelangi” dimana pada icon tersebut terdapat berbagai macam warna yang disatu padukan dalam gambar yang berisi berbagai budaya dalam satu logo, dimana gambar tersebut memiliki arti ragam budaya di 7 kewilayahan Desa Pringgasela Selatan yang mencakup Tenun, Klenang, Batik Sasambo, dan Karapan Sapi.

Baca Juga :  Youtuber Jadi Mitra Maka Jayalah Lombok Timur

Tujuan diadakannya Festival Budaya Dongdala yaitu untuk melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap seni dan budaya di Desa Pringgasela Selatan, Serta untuk membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para pemuda.
Kegiatan Festival Budaya Dongdala Desa Pringgasela Selatan yang ke-2 ini akan diselenggarakan di Kantor Desa Pringgasela Selatan. Festival Budaya Dongdala Desa Pringgaseal Selatan, Kecamatan Pringgasela yang ke-2 ini akan di mulai dari tanggal 19 November s/d 3 Desember 2022. Adapaun rangkaian kegiatannya sebagai berikut :
Sabtu-Minggu,19-20 November 2022
Pra Opening :
Pekan Gotong Royong
Jalan Sehat
Kamis, 24 November 2022
Opening Ceremony :
Pembukaan
Acara Malam Keagamaan
Sabtu, 26 November 2022
Ceremony :
Parade Budaya 1102 Nyiru Jaja Bejangkongan
Zikir Saman
HUT Desa Pringgasela Selatan
Jumat-Sabtu, 2-3 Desember 2022
Fashion Show
Dengan diadakannya Festival Budaya Dongdala Desa Pringgasela Selatan ini, diharapkan wawasan masyarakat akan luasnya pengertian dari budaya dapat berkembang. Wawasan tersebut akan memupuk kesadaran masyarakat pada umumnya terhadap pentingnya melestarikan budaya itu sendiri yang sudah memudar (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *