Berita

2,1 MILYAR KERUGIAN AKIBAT BANJIR BANDANG DI LOTIM

-

 

LOMBOK TIMUR.Ditaswara.com. Jumlah kerugian akibat terjadinya banjir bandang yang merupakan banjir musiman di tiga desa yaitu desa Seruni Mumbul,Labuhan Lombok dan Perigi yang terjadi hari Senin (14/12) di taksir sekitar Rp.2,1 milyar.

“Ditaksir kerugian Rp.2,1 milyar dengan rincian Rp.1,5 milyar desa Seruni Mumbul,Rp.500 juta desa Labuhan Lombok dan Rp.100 juta desa Perigi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Timur,Iwan Setiawan.

Menurut Iwan,kerugian yang di timbulkan bukan saja kerusakan di pisik semata seperti kerusakan rumah warga, jembatan,tembok sekolah dan beberapa fasilitas umum lainnya, tetapi juga meliputi kerusakan isi rumah seperti peralatan elektronik seperti tv, kulkas dan lain sebagainya.

Labih rinci di katakan Iwan, penanganan korban banjir bandang saat ini juga di usulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga ke BPBD Provinsi NTB dan suratnya sudah di layangkan.Untuk penanganan banjir ini memakai dana tak terduga Lombok Timur.

BACA JUGA : https://ditaswara.com/bangkitkan-parawisata-tiga-gili-pemda-lombok-utara-gelar-simulasi-chse/?amp=1

Berbagai kebutuhan yang di usulkan mulai dari air mineral 3 ribu dus, mie instan 3 ribu dus, 500 terpal, 5 ribu selimut, 5 ribu tikar atau matras, 5 ribu pakaian hujan,dan 5 ribu paket kebutuhan keluarga (family kit).

Dari data yang ada di 3 desa yang di terjang banjir bandeng ini bangunan rumah yang di terendam sebanyak 1.945 unit bangunan, selain itu tanggul di sungai Cermei juga jebol yang ada di desa Seruni Mumbul.

Untuk saat ini tim yang ada saling mendukung membersihkan lumpur di kawasan yang terkena banjir,sementara warga juga ikut di ungsikan terutama yang terkena danpak berat.Upaya ini terus dilakukan mengingat kondisi mental warga yang masih trauma pasca banjir bandang tersebut.

“Yang jelas segala kebutuhan pokok warga yang menjadi korban banjir itu yang menjadi prioritas usulan bantuan seperti tersebut dalam surat usulan kami,” pungkasnya.(and).

Baca Juga :  .

 

BACA JUGA : https://ditaswara.com/wabup-buka-ukw-yang-di-adakan-pwi-lotim/?amp=1

One thought on “2,1 MILYAR KERUGIAN AKIBAT BANJIR BANDANG DI LOTIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *